15 Game PC Offline Ringan Terbaik (Ram 1GB & 2GB)

Game PC offline kini masih diminati meski tren saat ini mengarah pada game mobile di Android dan iPhone. Sebagian besar game keluaran terbaru memerlukan spesifikasi PC atau laptop yang tinggi. Karena memiliki kualitas video yang semakin nyata. Sebut saja The Sims 4, eFootball PES 2020 atau Far Cry 4. Semua game tersebut butuh spesifikasi CPU, RAM dan VGA yang tinggi.

PC dengan spesifikasi tinggi pasti bisa memainkan semua game dengan lancar. Namun PC atau laptop dengan spesifikasi rendah yang biasanya dijuluki dengan sebutan spek “kentang” tidak akan mampu menjalankan game berat tersebut. Memang tidak ada solusi untuk masalah ini namun sebagai alternativenya ada beberapa game PC offline ringan. Tentunya game itu tidak kalah seru dan bisa dimainkan pada PC atau laptop spesifikasi kentang RAM 1GB dan 2GB. Kita mulai dari genre game racing.

Game Balap

Berikut ini adalah 15 game ringan offline untuk PC dan laptop dengan spek rendah.

1. Need For Speed: Most Wanted

Mobil nfs most wanted saat nos menyala

NFS Most Wanted 2005 adalah salah satu game balap PC ringan yang sangat populer di masanya. Karena selain dirilis untuk PC game ini juga dihadirkan di PS2. Tidak hanya balapan, NFS Most Wanted juga memiliki alur cerita yang seru. Kita harus mengalahkan 15 musuh dengan tingkat kesulitan berbeda-beda tiap levelnya di arena balap. Hal paling seru saat memainkan NFS Most Wanted adalah saat mengaktifkan NOS mobil untuk mendapatkan akselerasi yang sangat tinggi.

Spesifikasi Minimal PC atau Laptop:

  • CPU: Intel Pentium 4 1.4 GHz
  • RAM: 256 MB

2. World Rally Championship 4

Tampilan wrc4 saat balapan

WRC 4 merupakan game balap rally offline PC yang dirilis diakhir tahun 2013. WRC 4 menghadirkan track pada 13 negara yang berbeda. Dengan 65 mobil dan berbagai arena yang tersedia, game ini bisa menjadi alternatif game DiRT Rally pada PC spek kentang kita.

Spesifikasi Minimal:

  • CPU: Pentium 4 2.4 GHz
  • RAM: 1 GB

3. Burnout Paradise

Arena burnout paradise saat balapan

Burnout Paradise juga merupakan game racing dengan grafis yang cukup baik meski dimainkan di laptop atau PC spek rendah. Gameplay Burnout Paradise sedikit berbeda dari 2 game sebelumnya. Pada Burnout Paradise kita akan saling menabrak hingga menghancurkan mobil saat balapan supaya bisa memenangkan pertandingan.

Tidak hanya balapan biasa, Burnout Paradise juga menghadirkan mode balapan khusus untuk saling menghancurkan. Dalam mode tersebut pemain yang paling banyak menjatuhkan lawan dalam waktu terbatas adalah pemenangnya.

Spesifikasi minimal:

  • CPU: Intel Pentium 4 2.8 GHz.
  • RAM: 1.5 GB

Nah, selanjutnya kita akan beralih ke genre lainnya yaitu olah raga.

Game Olah Raga (Sports)

4. Pro Evolution Soccer (PES) 2013

Game sepak bola pc ringan offline pes 2013

Sebagai alternatif dari eFootball PES 2020 terbaru, PES 2013 masih sangat layak untuk dimainkan. Terlebih lagi gameplay dan controlnya yang lebih mudah dan mirip dengan PS2 dibandingkan dengan versi terbarunya. Bagi pecinta game sepak bola, PES 2013 ini bisa menjadi game favorit pada PC ataupun laptop yang memiliki spek rendah.

Spesifikasi minimal:

  • CPU: Pentium 4 2.4 Ghz.
  • RAM: 1 GB.

5. NBA 2K14

Jika anda suka dengan game basket PC ringan maka NBA 2K14 adalah pilihan yang tepat untuk dimainkan. NBA 2K14 menghadirkan grafis yang cukup nyata meskipun spesifikasi komputer cukup rendah. Pada game yang satu ini kita bisa bermain dalam berbagai mode seperti MyTeam, MyGM dan MyCareer.

Spesifikasi:

  • CPU: Pentium 4 2.8 GHz.
  • RAM: 1GB.

Game FPS (First-person shooter)

6. Call of Duty 4: Modern Warfare

Cod4 modern warfare saat game berjalan

COD4 Modern Warfare merupakan game fps pc ringan yang membawa kita melewati peperangan dengan alur yang sangat menarik. Pada game ini kita memainkan peran yang berbeda-beda disetiap misinya. Terkadang sebagai fast-roping, sniper atau peran lainnya yang tak kalah menarik.

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Pentium 4 2.4 GHz.
  • RAM: 768 MB.

7. Medal of Honor: Airborne

Medal of Honor merupakan game perang offline PC yang juga tidak kalah seru dengan Call of Duty. Di Medal of Honor pemain akan diberi misi sebagai prajurit dengan alur cerita menarik. Semakin banyak headshot maka semakin banyak pula bonus yang akan didapatkan.

Spesifikasi:

  • Processor: Pentium 4 2.8 GHz.
  • RAM: 1 GB.

8. Half-Life 2

Permainan Half-Life 2 adalah game FPS paling ringan dari semua rekomendasi yang ada di sini. Pada alur cerita, pemain akan menjadi Gordon Freeman yang mendapatkan misi untuk menyelamatkan dunia. Half-Life 2 memiliki cerita yang sangat luas dan tergolong “Dark”.

Spesifikasi:

  • Processor: Pentium 4 1.7 GHz.
  • RAM: 512 MB.

9. Crysis

Crysis merupakan game FPS dengan tema alien yang paling baik dimasanya. Kita akan bermain sebagai prajurit yang ditugaskan untuk menyelamatkan ilmuan dari tangan musuh. Lalu di mana alien berada? Alien muncul di tengah permainan dan mengacaukan semuanya.

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Pentium 4 2.8 GHz.
  • RAM: 1.5 GB.

10. Left 4 Dead

Left 4 Dead adalah game berjenis FPS dengan tema virus. Di sini kita harus menyelamatkan diri dari infeksi virus dan zombie yang akhirnya pemain akan dievakuasi setelah mencapai akhir game. Meski dirilis sejak 2008, Left 4 Dead sangat populer dan sampai sekarang masih banyak yang memainkannya.

Spesifikasi:

  • Processor: Intel Pentium 4 3.0GHz.
  • RAM: 2GB.

11. Battlefield 3

Game ini memiliki setting di tahun 2014 dimana kita akan berperan sebagai Blackburn sebagai pimpinan pasukan regu militer. Tugas kita adalah mengamankan senjata berbahaya dari tangan musuh. Jika dilihat, permainan ini bertema mirip dengan COD4 dengan alur yang berbeda.

Spesifikasi:

  • CPU: Dual Core 2.0GHz.
  • RAM: 2GB.

Game Petualangan dan Open World

12. Grand Theft Auto: San Andreas

Tampilan jalan di game gta san andreas

GTA San Andreas merupakan game legendaris dan sangat terkenal hingga saat ini. Bagi pecinta permainan bertema open world tentu mengenal GTA dengan berbagai seri yang dirilis. Tokoh utama yang akan kita mainkan pada game ini bernama Carl Johnson atau CJ. Beragam misi yang sangat menarik akan kita dapatkan pada alur cerita GTA San Andreas.

Spesifikasi:

  • CPU: Pentium 3.
  • RAM: 256 MB.

13. Devil May Cry 4

Devil May Cry bercerita tentang karakter utama yang bernama Dante untuk menjalankan misi-misi dalam game tersebut. Untuk memainkan Devil May Cry 4 sebaiknya kita juga memainkan seri-seri sebelumnya agar lebih memahami alur ceritanya.

Spesifikasi:

  • CPU: Pentium 4 3.0 GHz.
  • RAM: 1GB.

14. Dead Space

Game ini memiliki alur cerita bertema petualangan luar angkasa dengan toko utama bernama Isaac Clarke. Tugas kita adalah menyelamatkan diri dari semua ancaman yang membahayakan kita. Alur cerita yang disajikan sangat menarik dan berlanjut ke seri-seri berikutnya.

Spesifikasi:

  • Processor: Pentium 4.
  • RAM: 2 GB.

Game RPG

15. Torchlight 2

Arena torchlight 2 saat game dimainkan

Torchlight 2 adalah game RPG offline PC yang mirip dengan DOTA. Mode yang tersedia cukup beragam di mana kita bisa bermain secara offline dengan mode single player. Mode multiplayer juga tersedia jika kita ingin bermain bersama teman.

Spesifikasi:

  • CPU: Pentium 4 1.4 GHz.
  • RAM: 1 GB.

Nah, 15 game ringan PC offline di atas saya pilih maksimal memerlukan spesifikasi dengan RAM 2 GB. Namun sebagian besar hanya membutuhkan RAM 1 GB di mana ukuran tersebut sudah sangat rendah untuk laptop atau PC pada zaman sekarang.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar