HP OPPO A54: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Rilis di bulan maret tahun ini, HP Oppo A54 digadang-gadang mampu meneruskan kesuksesan hp keluaran versi sebelumnya yaitu Oppo A53 yang telah laris di pasaran Indonesia tahun 2020 lalu. Kembali menyasar kelas entry level, jagoan baru Oppo tersebut menyajikan wajah berbagai fitur-fitur menarik seperti memori internal yang besar, baterai lega dan harga yang tergolong murah.

Tampilan HP OPPO terbaru ini juga terlihat lebih elegan daripada versi sebelumnya. Mulai model kamera belakangnya yang dibuat persegi yang sedikit timbul serta efek warna bodynya yang bisa gradasi. Ada satu hal penting yang dimiliki Oppo A54 yaitu hp ini mampu menahan cipratan air karena sudah bersertifikasi IPX4. Keren bukan?! Lalu berapa harganya?

Harga HP Oppo A54

  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 1.900.000
  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.300.000

Spesifikasi Lengkap Oppo A54

  • CPU : Helio P35
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 16 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 13MP Wide, 2MP Macro, 2MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,51”
  • Dimensi : 163,6 mm x 75,7 mm x 8,4 mm
  • Berat : 192 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, hp ini memiliki tinggi sekitar 163,6 mm, lebar 75,7 mm, dan ketebalan hp mencapai 8,4 mm. Untuk Beratnya sedikit bertambah menjadi sekitar 192 gram. Pembaruannya terletak di desain hp yang lebih modern, bisa dilihat dari tata letak kamera belakangnya yang menonjol serta gradasi warna yang bisa berubah ketika terkena pantulan cahaya.

Tampak depan hp oppo a54

Bodynya sudah bersertifikasi IPX4 yang artinya hp ini bisa tahan siraman air dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi. Fitur yang belum tentu ada di hp para pesaingnya. Tersemat sensor fingerprint di body sebelah kanannya (side mounted fingerprint) yang kecepatan bacanya lumayan kencang. Oppo A54 ini menyediakan 2 varian warna yang bisa kita pilih yaitu warna Crystal Black dan Starry Blue.

Kamera

Dari sisi kamerannya hp ini menawarkan modul Triple Camera pada bagian belakangnya dengan rincian 13 MP kamera wide, 2 MP kamera macro, dan 2 MP sensor depth. Lalu kamera di bagian kamera depannya dipasangkan lensa dengan resolusi sebesar 16 MP. Cukup besar jika dipakai berselfie ria.

Tampilan belakang oppo a54

Memotret dalam kondisi cahaya yang cukup menggunakan hp ini hasilnya lumayan bagus, warna yang dihasilkan terlihat cerah, dan detailnya juga keliihatan. Kualitas video yang dihasilkan baik kamera depan maupun kamera belakang mendukung resolusi 1080 piksel dengan kecepatan frame rate 30 FPS.

Layar

Pada bagian layarnya hp ini mempunyai ukuran layar yang cukup luas sekitar 6,51 inchi dengan resolusi HD+. Terkait kecepatan layar hp ini maksimal berada di angka 60Hz. Tidak bisa dikatakan bagus juga tidak bisa dikatakan jelek, sedikit tertinggal dengan hp para kompetitor yang rata-rata sudah mendukung resolusi FULL HD+ dan sudah 90Hz di harga yang sama.

Namun untuk hasil gambarnya masih bisa ditolerir jika kita tidak terlalu memperhatikan warna layar pada hp ini apalagi jika digunakan untuk bermian game dirasa sudah cukup.

Chipset CPU

Bicara mengenai chipsetnya hp ini menggunakan Chipset MediaTek Helio P35 yang performanya standar untuk keluaran hp sekarang. Ketika dilakukan tes performa menggunakan aplikasi antutu hp ini mendapatkan skor di kisaran 105 ribuan.

Dicoba bermain game seperti Mobile Legends, Oppo A54 mampu mendapatkan settingan high frame rate dengan catatan maksimal di angka 40 an FPS, belum bisa di 60 FPS.

Lanjut dipakai main PUBG Mobile settingan grafiknya mentok hanya bisa di Smooth-Medium saja, dan sesekali kita akan mengalami frame rate drop di momen momen tertentu.

Simak juga: Harga HP OPPO A15.

Baterai

Salah satu faktor kenapa kita harus memilih hp ini adalah dari sisi baterainya. Oppo A54 punya kapasitas baterai sebesar 5000mAh dengan fitur gast charging 18 watt. Penggunaan baterai seperti bermain Mobile Legends selama 40 menit hanya mengurangi daya baterainya sebesar 8 persen saja.

Di dalam baterainya terdapat fitur AI Optimised Night Charging yang akan mengontrol baterai ketika kita mengecas pada malam hari sehingga baterai jadi aman dan lebih awet. Lama mengecas baterai dari nol persen menuju ke seratus persen hp ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit an. Wajar saja karena sesuai dengan karakter baterainya yang berkapasitas besar.

Penutup

Bagi pemula yang menginginkan hp dengan desain yang modern, kapasitas baterai yang besar, dan kamera yang yang beresolusi tinggi maka Oppo A54 adalah jawabannya. Selain itu adanya sertifikasi IPX4 menjadikan hp ini terlihat lebih menonjol dan keren. Sisanya bisa dibilang standar seperti hp kelas pemula pada umumnya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar