Samsung Galaxy A52: Harga, Spesifikasi Lengkap, Review

Setelah setahun lebih samsung mengeluarkan seri A51, sekarang samsung mengeluarkan generasi penerusnya yaitu Samsung Galaxy A52. Mayoritas dari fitur-fiturnya telah diupgrade sedemikian rupa terutama pada bagian mesinnya yang tidak lagi menggunakan chipset Exynos melainkan menggunakan chipset Snapdragon.

Begitu juga dengan tampilan hpnya yang fresh dan sudah bersertifikat IP67. Sebuah fitur yang mungkin jarang dimiliki oleh hp kompetitor lainnya. Dikategorikan sebagai hp kelas menengah Samsung A52 diharapkan mampu melanjutkan kesuksesan saudara-saudaranya sesama seri A5 yang mampu menarik perhatian masyarakat.

Harga HP Samsung Galaxy A52

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 4.700.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 5.700.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A52

  • CPU : Snapdragon 720 G
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 32 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 64 MP Wide, 12 MP Ultrawide, 5 MP macro, 5 MP depth
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, 25 W Fast Charging,
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,5”
  • Dimensi : 159,9 mm x 75,1 mm x 8,4 mm
  • Berat : 189 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Didesain dengan efek warna doff agar menimbulkan kesan halus ketika digenggam, HP Samsung terbaru ini mempunyai rupa yang tidak sama dibanding dengan seri sebelumnya. Body dari samsung A52 ini masih sama-sama terbuat dari poycarbonate namun lebih diperbesar sehingga panjangnya 159,9 mm, lebar sekitar 75,1 mm dan ketebalan mencapai 8,4 mm.

Bobot dari samsung A52 sendiri juga lebih berat yang asalnya hanya 172 gram sekarang menjadi 189 gram. Selisih berat segitu memang tidak terlalu terasa perbedaannya jika dibawa-bawa. Uniknya, hp ini bisa tahan dari debu dan air karena sudah mengantongi sertifikat IP67. Masih aman apabila Samsung A52 tenggelam di air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Tersedia dalam 4 varian warna yang bisa kita pilih meliputi Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Kamera

Modul kamera belakangnya tetap mengusung quad camera dengan resolusi kamera utama menjadi 64 MP, untuk lensa ultrawide, macro, sensor depth masih sama sebesar 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Begitu juga dengan resolusi kamera depannya yang tidak berubah yakni sebesar 32 MP. Didalamnya juga terdapat efek bokeh untuk menjadikan foto selfie kita terlihat professional.

Bagian belakang hp samsung galaxy a52

Hasil foto menggunakan kamera utamanya mengagumkan, detail gambarnya kelihatan tajam meski dipakai di suasana terang maupun gelap tetap saja bagus. Video yang dihasilkan dari hp ini bisa mendukung format 4K 60 FPS untuk kamera belakang, dan 4K 30 FPS untuk kamera depan.

Tidak lupa juga pada kameranya telah dipasangkan sistem OIS (Optical Image Stabilization) untuk menstabilkan gambar saat kita melakukan perekaman video.

Layar

Pada bagian layarnya Samsung A52 mempunyai ukuran 6,5 inchi dengan panel Super AMOLED yang selalu jadi andalan samsung sejak dulu. Tingkat kecerahannya mencapai 800 nits dan kacanya sudah dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Kecepatan layar hp ini sudah mendukung 90 Hz yang bisa membuat pengalaman scrolling kita lebih smooth.

Untuk layarnya sendiri sudah mendukung sensor fingerprint yang ditempatkan di bawah layar (under display fingerprint). Ada sedikit ketimpangan pada layar yang disebabkan oleh kamera depannya. Lensa kameranya diberi warna abu-abu sehingga terlihat kurang kontras dengan layar ketika layar hpnya mati.

Simak juga: Harga HP Samsung Galaxy A22.

Chipset CPU

Di sisi dapur pacunya Samsung A52 menyematkan chipset Snapdragon 720 G dikombinasikan dengan RAM sebesar 8 GB dan memori internal mencapai 256 GB. Performa yang dihasilkan pasti oke contoh pada saat dipakai main game Mobile Legends settingan yang didapat bisa rata kanan di mode High Frame Rate.

Dipakai buat main PUBG Mobile juga tidak masalah settingannya bisa di Smooth Ultra. Berbeda jika dipakai main Genshin Impact yang fpsnya tidak terlalu tinggi meski di settingan lowest. Ketika diuji menggunakan aplikasi Antutu versi 8, samsung A52 mampu mencatatkan skor di kisaran 261 ribuan.

Baterai

Mengenai baterai yang disokong Samsung A52 ini mempunyai kapasitas baterai sebesar 4500 mAh. Bisa dibilang kapasitas standar baterai untuk pemakaian sehari-hari. Konsumsi dayanya bila dipakai main game Mobile Legends selama 20 menit menghabiskan daya baterai sebesar 5 persen.

Kemudian jika dipakai main PUBG sepanjang setengah jam baterainya hanya berkurang sekitar 8 persen saja. Digunakan untuk menjalankan navigasi peta memakai aplikasi Google Maps selama 90 menit, pemakaian baterai hp ini hanya 13 persen.

Durasi pengecasannya tergolong standar meski charger-nya mendukung Fast Charging 25 W. Apabila baterai dalam kondisi kosong maka dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam agar penuh.

Penutup

Reputasi dari seri A5 dari samsung nampaknya bisa dipertahanakan berkat hadirnya hp Samsung A52. Dari segi spek maupun desainnya bisa dibilang sebanding dengan harganya. Meski ada sedikit kekurangan dari hp ini seperti di bagian kamera depannya, namun hal itu masih bisa ditutupi dengan fitur-fitur lain seperti OIS kamera, kualitas layar, dan satu lagi adanya sertifikat IP67.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar