Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

Error dengan pesan kesalahan “The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer” sering terjadi saat kita membuka aplikasi. Misalnya saat membuka Audacity, Mendeley, Google earth, Photoshop atau lainnya pada semua Windows khususnya Windows 7. Sehingga aplikasi tersebut tidak bisa dibuka pada laptop atau PC kita.

Tampilan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

Penyebab dari error tersebut adalah belum terinstallnya Microsoft Visual C++ Redistributable Packages 2015 yang biasa dikenal juga dengan vcredist 2015 x64 atau x86. Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh terhapusnya file sistem atau file tersebut telah rusak.

Nah, untuk mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing maka kita harus menginstall vcredist 2015 kembali. Cara tersebut sangat dianjurkan dan terbukti berhasil mengatasi masalah tersebut. Sampai saat ini saya sering menggunakannya jika ada laptop atau PC yang bermasalah seperti ini. Bagi pengguna Windows 7 syarat minimal untuk install vcredist 2015 adalah telah mengupgrade ke Windows 7 Service Pack 1 (SP1).

Banyak sekali beredar tutorial memperbaiki error ini dengan cara download api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll. Lalu meletakkannya pada folder system32. Namun cara tersebut tidak dianjurkan. Karena tidak menyertakan semua file atau service yang berhubungan dengan file itu. Saya pernah mencobanya dan hasilnya malah mengakibatkan error yang lain. Ada juga tutorial yang menganjurkan untuk install ulang windows 7 namun hal tersebut tidak akan mengatasi error ini. Lalu bagaimana langkah-langkah secara detail untuk memperbaiki error tersebut?

Berikut adalah cara mengatasi error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing.

  1. Buka Control Panel Windows dengan cara klik Start > Control Panel.
  2. Klik Program and Features. Lalu cek apakah ada Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable. Jika tidak ada maka silahkan langsung ke langkah 4. Jika ada maka kita harus uninstall terlebih dahulu.
    Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable di control panel
  3. Klik kanan pada Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable lalu klik Uninstall. Jika ada 2 yaitu (x64) dan (x86) maka uninstall yang (x64). Kemudian restart laptop atau PC.
  4. Unduh vcredist 2015 dari website resmi microsoft di sini. Klik Download lalu pilih versi sesuai Windows yang digunakan vc_redist.x64 untuk 64bit atau vc redist.x86 untuk pengguna 32bit. Centang lalu klik Next.
  5. Install file vcredist 2015 yang telah diunduh pada Windows. Jika gagal pada langkah ini berarti Windows tidak memenuhi syarat minimal. Contohnya Windows 7 belum diupdate ke Windows 7 SP1. Bagi yang error pada tahap ini silahkan baca lebih detail penjelasan di bawah.
    Proses instalasi vcredist 2015 selesai
  6. Restart laptop atau PC.
  7. Buka aplikasi yang sebelumnya mengalami error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll sebelumnya. Maka aplikasi tidak lagi error dan bisa dijalankan.

Dari 7 langkah di atas, kebanyakan error yang terjadi adalah pada langkah 5 saat install vcredist. Sesuai dengan persyaratan instalasi vcredist 2015 di halaman resmi microsoft dijelaskan bahwa sistem minimum yang diperlukan adalah Windows 7 SP1, Windows XP SP3, Windows Vista SP2.

Tampilan instalasi vcredist 2015 gagal

Jadi, jika kita menggunakan Windows 7 yang baru diinstall atau belum diupdate ke Windows 7 Service Pack 1 maka kita harus update terlebih dahulu. Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu download di halaman resmi microsoft di sini. Klik Download lalu pilih windows6.1-KB976932-X64 untuk pengguna 64bit atau windows6.1-KB976932-X86 untuk pengguna 32bit. Install pada windows 7 seperti install aplikasi biasa lalu tunggu hingga selesai (cukup lama). Cara ini juga saya lakukan jika error pada langkah 5 dan berhasil.

Sebagai tambahan informasi.
Apa itu Microsoft Visual C++ Redistributable?

Microsoft Visual C++ Redistributable atau vcredist adalah komponen dari library Visual C++ yang dibutuhkan untuk menjalankan software-software yang dibuat dengan menggunakan Visual Studio atau membutuhkan library Visual C++. Biasanya software akan menyertakan vcredist pada saat instalasi software tersebut. Jika tidak maka akan seperti yang kita alami saat ini. Software tersebut tidak bisa berjalan dan kita harus menginstall sendiri vcredist.

Nah, setelah error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing teratasi maka kita bisa membuka dan menjalankan software yang error tersebut. Jika ada masalah atau langkah yang kurang jelas silahkan diskusi di komentar.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar