PDF Tidak Bisa di print? Inilah Cara Ampuh Mengatasinya

File PDF seharusnya dapat dicetak dengan mudah seperti dokumen Word dan dokumen lainnya. Namun ada beberapa kondisi dimana kita tidak bisa mencetaknya. Hal yang dapat menyebabkan pdf tidak bisa di print adalah aplikasi PDF bermasalah atau dikunci. Biasanya penyebab pertama sering terjadi pada aplikasi Adobe Reader. Oleh sebab itu, langkah pertama yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah ini adalah mencoba aplikasi lain. Seperti Foxit reader ataupun Nitro PDF.

Namun, jika ternyata kita sudah mengganti aplikasi dan tetap tidak bisa print pdf maka kemungkinan penyebabnya adalah file tersebut dikunci. Tanda-tanda file PDF dikunci adalah terdapat tulisan (SECURED) di bagian judul atas saat file dibuka. Hal ini selain mengakibatkan tidak dapat dicetak terkadang juga mengakibatkan file tidak dapat diedit bahkan dicopy. Jika ini yang terjadi maka solusinya adalah dengan unlock PDF.

Tanda bahwa file pdf dikunci

Saat ini ada banyak website yang bisa membantu kita untuk unlock file PDF dengan mudah. Nah, pada tutorial ini saya akan share 2 cara yang bisa anda coba. Langsung saja pada cara pertama.

Cara Mengatasi PDF Tidak Bisa diprint Dengan PDF2Go

Pada website PDF2Go terdapat fasilitas untuk membuka kunci (unlock) PDF. Fasilitas tersebut dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah yang kita alami. Lalu setelah mendapatkan file yang sudah terbuka kuncinya kita dapan mencetaknya dengan aplikasi PDF seperti biasa.

Berikut ini adalah cara mengatasi file pdf tidak bisa di print menggunakan PDF2Go dan Abobe Reader.

  1. Buka halaman situs pdf2go.com.
  2. Pilih menu Unlock PDF.
  3. Klik Choose File lalu pilih file PDF yang tidak dapat di print dari laptop atau komputer.
  4. Klik Start untuk memulai proses.
  5. Klik Download untuk mengunduh file yang telah diproses.
  6. Buka file yang telah diunduh dengan Adobe Reader.
  7. Lalu print PDF tersebut menggunakan Adobe Reader seperti biasa.
Buka kunci pdf dengan pdf2go

Silahkan baca cara print PDF jika anda belum mengatahui caranya. Harusnya dengan langkah di atas file sudah berhasil dicetak. Namun jika masih gagal silahkan coba cara ke-2 di bawah ini.

Cara Unlock PDF Yang Tidak Bisa diprint Dengan SmallPDF

Jika PDF2Go tidak berhasil unlock PDF anda maka website SmallPDF dapat dicoba. Website ini juga tidak kalah populer dan memiliki fitur yang mirip dengan web sebelumnya.

Berikut adalah cara unlock PDF yang tidak bisa diprint menggunakan SmallPDF.

  1. Buka web smallpdf.com kemudian pilih Unlock PDF.
  2. Klik Choose PDF lalu pilih file anda.
  3. Setelah itu, centang pernyataan untuk konfirmasi lalu klik Unlock PDF!
  4. Klik Download untuk mengunduh file.
  5. Buka file tersebut pada Adobe Reader.
  6. Print file tersebut seperti biasa.

Nah, 2 cara tersebut telah saya coba untuk mengatasi masalah ini dan sampai artikel ini dibuat masih bisa bekerja dengan baik. Namun jika anda masih mengalami masalah maka kemungkinan disebabkan oleh hal lainnya. Untuk itu, silahkan baca keterangan error yang ada pada saat mencetak dokumen tersebut.

Simak juga cara mengecilkan PDF jika anda ingin mengecilkan ukuran file. Baca juga cara menggabungkan PDF dengan 3 cara mudah.

Sebenarnya ada banyak penyebab lain yang bisa terjadi namun 2 penyebab di atas merupakan penyebab paling populer. Bisa jadi pengaturan printer tidak tepat pada aplikasi PDF, OS bermasalah ataupun hardware printer yang bermasalah. Hal tersebut biasanya tertera pada notifikasi saat error terjadi.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar