Cara Menggabungkan Lagu

Menggabungkan lagu bukanlah hal yang sulit saat ini. Bahkan hanya dengan menggunakan HP kita bisa melakukannya dengan mudah. Karena sekarang sudah tersedia banyak aplikasi Android atau iPhone yang bisa digunakan untuk editing musik. Walaupun begitu, saya juga akan share cara menggabungkan lagu di laptop atau PC pada cara ke 2. Sehingga kita bisa memilih ingin menggunakan HP atau laptop.

Tutorial ini mungkin sangat berguna untuk Anda yang sedang mendapatkan tugas membuat lagu senam. Lagu tersebut bisa dibuat dengan menggabungkan beberapa lagu menjadi 1 file. Seperti yang saya lakukan saat membantu adik saya ketika mengerjakan tugas tersebut. Silahkan lihat juga tulisan saya tentang cara memotong lagu jika perlu memotong beberapa bagian lagu terlebih dahulu. Nah, mari kita mulai dari HP terlebih dahulu.

Menggabungkan Lagu di HP

Audio MP3 Cutter Mix Converter dari AppzCloud Technologies merupakan aplikasi menggabungkan lagu terbaik versi Tim ITKoding. Aplikasi tersebut memiliki tampilan yang mudah digunakan. Jadi sangat cocok untuk pemula. Kita juga bisa menggabungkan banyak file audio tanpa ada batasan. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat memproses berbagai format audio tidak hanya MP3 saja.

Berikut adalah cara menggabungkan lagu atau MP3 di HP Android.

  1. Install aplikasi Audio MP3 Cutter Mix Converter dari Google Play pada link ini.
  2. Buka aplikasi yang telah diinstall.
  3. Pilih menu Merge Audio.
  4. Klik Add Audio lalu pilih file MP3 atau file audio.
  5. Klik Add in Merge List maka file akan masuk ke daftar lagu yang akan di gabungkan.
  6. Lakukan kembali langkah 4 dan 5 untuk menambahkan lagu lain.
  7. Klik tombol Merge untuk memulai proses. Tunggu hingga proses selesai. Hasilnya akan masuk di folder Internal Storage > AudioEditorCutter > Merged.
Urutan langkah menggabungkan lagu di android

Jika anda tidak dapat menemukan folder Merged maka anda dapat melihatnya di menu My Creations pada aplikasi tersebut. Di sana kita juga dapat memainkan hasil lagu yang telah dibuat. Simak juga aplikasi pemutar musik PC dan laptop.

Menggabungkan Lagu di PC dan Laptop

Jika ingin menggunakan komputer kita bisa memakai software Audacity. Audacity terkenal dengan fiturnya yang melimpah. Dan pastinya aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Berbeda dengan HP, langkah-langkah untuk menggabungkan MP3 atau lagu dengan Audacity cukup rumit.

Berikut ini adalah cara menggabungkan lagu di PC atau laptop dengan Audacity.

  1. Unduh dan install software Audacity terlebih dahulu jika belum ada di laptop. Silahkan cari di Google.
  2. Buka Audacity di PC atau laptop.
  3. Klik menu File > pilih Import > klik Audio. Cari dan pilih file MP3 atau file lagu yang akan di gabung lalu klik Open.
  4. Ulangi langkah 3 untuk file lagu lainnya hingga semua masuk ke Audacity.
  5. Klik menu Select > klik All. Maka semua track akan tersorot atau terselect.
  6. Klik menu Tracks > pilih Align Tracks > klik Align End to End. Lagu akan tertata berurutan secara otomatis.
  7. Klik menu Tracks > pilih Mix > klik Mix and Render. Dengan langkah ini semua tracks akan bergabung menjadi 1 track.
  8. Kemudian klik menu File > pilih Export > klik Export as MP3. Pilih folder penyimpanan yang diinginkan lalu klik Save. Lalu klik OK.
Menu tracks di audacity

Sebenarnya dengan Audacity kita bisa melakukan lebih dari sekedar menggabungkan MP3 atau lagu. Pengaturan efek mulai dari sederhana hingga advance dapat dilakukan. Tentunya pengetahuan tentang audio editing diperlukan. Lihat juga aplikasi karaoke PC terbaik di tahun 2020.

Selain 2 cara di atas kita juga dapat menggabungkan lagu online menggunakan layanan website. Namun cara tersebut tidak direkomendasikan karena kurang leluasa. Selain itu fitur yang tersedia juga tidak lebih baik daripada aplikasi offline.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar