7 OS Android untuk PC & Laptop Terbaik

Untuk kamu yang suka bermain game Android di PC, OS Androd untuk PC bisa menjadi pilihan alternatif selain menggunakan emulator. Jika dibandingkan dengan emulator, OS Android lebih ringan karena langsung menggunakan sistem Android tanpa aplikasi emulator. Hal ini tentunya sangat menguntungkan khususnya bagi pengguna PC atau laptop dengan spesifikasi yang rendah.

Tidak hanya untuk gamers, sistem operasi android untuk pc juga biasa digunakan oleh penggemar Android lainnya yang suka ngoprek aplikasi. OS yang satu ini sangat mudah dikembangkan karena bersifat open source.

Saat ini ada banyak OS Android untuk PC yang tersedia secara gratis. Dari sekian banyak OS tersebut ada yang sangat stabil namun butuh spesifikasi yang cukup tinggi. Ada juga yang kurang stabil namun sangat ringan. Tentunya masing-masing OS memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, kami telah memilih 7 OS Android PC terbaik yang bisa kamu coba di laptop atau PC.

Berikut adalah OS Android untuk PC & laptop terbaik 2020.

1. Phoenix OS

PhoenixOS sangat cocok untuk para gamers Android yang ingin bermain game di PC. Phoenix OS terkesang memang didesain untuk keperluan gaming di mana fitur unggulannya banyak untuk gaming seperti Keymapping dengan engine Octopus, Freelook PUBG dan lainnya. Jadi jika tujuan kamu adalah untuk main game maka Phoenix OS adalah OS yang pertama harus dicoba.

Tampilan home phoenix os

Phoenix OS memiliki 2 versi OS secara official. Pertama adalah PhoenixOS 3.6.1 yang menggunakan versi Android 7.1 untuk processor atau CPU terbaru (64 bit). Kedua adalah PhoenixOS 1.6.1 yang berbasis Android 5.1 untuk CPU atau processor jadul (32 bit). Namun ada juga versi modifikasi dari sistem operasi yang satu ini yaitu Phoenix OS Dark Matter dan Phoenix OS roc instinct 2. Saat ini phoenix os dark matter lebih populer karena lebih stabil dan lancar.

Tampilan sistem operasi ini mirip dengan OS desktop lainnya di mana terdapat tombol menu seperti start Windows di kiri bawah. Tampilan file explorer juga sangat mirip. Dengan tampilan yang familiar tersebut tentunya sangat mudah digunakan.

Spesifikasi minimal:

Sayangnya developer tidak menyebutkan spesifikasi minimal dari Phoenix OS. Spesifikasi yang tertulis hanya Intel x86 processor atau setara. Namun dari berbagai percobaan sangat disarankan untuk menggunakan:

  • Processor: Intel / AMD Dual Core CPU
  • RAM: 2GB
  • VGA: 1GB VRAM
  • Hardisk: 10 GB

2. Android x86 OS for PC

Android-x86 sangat cocok untuk kamu yang suka ngoprek Android karena memiliki banyak versi. Mulai dari versi Android 7.1 (Nougat), Android 8.1 (oreo), Android 9.0 (pie) dan Android cm (CyanogenMod atau Lineage OS). Namun sistem operasi ini juga bisa digunakan untuk gaming. Dengan banyaknya versi yang tersedia memungkinkan kita untuk memilih yang cocok dengan laptop atau PC kita.

Antarmuka android x86 untuk pc

Tampilan Android x86 OS for PC sangat mirip dengan stock Android. Aplikasi bawaan yang terinstall juga sangat minim sehingga lebih ringan.

Spesifikasi minimal:

Karena terdiri dari banyak versi kita dapat menyesuaikan dengan spesifikasi laptop kita. Bahkan pada laptop atau PC kentang dengan spesifikasi rendah juga dapat mencobanya. Jika versi cm atau pie cukup berat maka bisa menggunakan versi 8.1 atau 7.1. Jadi silahkan menyesuaikan dengan versi yang tersedia.

3. Prime OS

PrimeOS juga cocok untuk kamu yang suka ngegame. OS memiliki fitur Decapro key mapping yang membantu kita untuk keymapping. Tidak hanya itu, prime OS juga memiliki fitur keyboard shortcut yang memungkinkan kita menggunakan perintah cepat seperti di Windows seperti alt+f4 dan lainnya.

Tampilan menu prime os

Spesifikasi minimal:

Prime OS memiliki 3 versi sistem operasi berdasarkan spesifikasi PC atau laptop yang kita gunakan.

  • PrimeOS Mainline 64bit untuk laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi atau terbaru (keluaran tahun 2014 ke atas). Misalnya untuk Intel core i generasi 5 atau setara.
  • PrimeOS Standard 64bit untuk PC atau laptop dengan spesifikasi standar (keluaran tahun 2011 ke atas). Misal untuk Intel Core i generasi 2 atau setara.
  • PrimeOS Classic 32bit untuk PC dan laptop dengan spesifikasi yang lebih rendah atau spek kentang. Versi ini adalah os android untuk pc yang sangat ringan dibandingkan versi PrimeOS lain.

4. Bliss OS

Meskipun kalah populer dibandingkan 3 sistem operasi sebelumnya, Bliss OS juga menghadirkan fitur-fitur yang tidak kalah dengan yang lainnya. Mulai dari tampilan antarmuka yang familiar dengan OS desktop lain, Tincore Keymapper untuk main game dan lainnya.

Sayangnya Bliss OS kurang stabil pada beberapa laptop atau keyboard khususnya jika menggunakan keyboard dan mouse. Namun Bliss OS sampai saat ini masih terus dikembangkan. Bliss OS 12.x masih dalam tahap Beta. Dengan pengembangan yang terus dilakukan tentunya bug akan semakin sedikit dan sistem semakin stabil.

Spesifikasi minimal:

Bliss OS dapat digunakan diberbagai versi PC maupun laptop. Ketika mengunduh dari situs resminya kita dapat memilih sesuai dengan CPU yang digunakan. Dengan begitu kita akan mendapatkan versi yang sesuai dengan CPU kita.

5. Chrome OS

Chrome OS sebenarnya bukan murni Android OS PC namun berbasis Gentoo Linux yang didesain langsung oleh Google. Namun Chrome OS dapat menjalankan aplikasi dan game Android. Kita juga bisa mengakses Google Play Store di sana. Selain itu sistem pada ChromeOS juga sangat ringan.

Karena memang dikembangkan langsung oleh Google tentunya Chrome OS cukup stabil saat digunakan untuk main game seperti PUBG dan game berat lainnya. Tidak ada keterangan tentang spesifikasi minimal yang bisa menjalankan OS ini. Namun Chrome OS cukup ringan sehingga memungkinkan untuk diinstall di laptop dan PC jadul. Sayangnya untuk menginstall ChromeOS cukup rumit.

6. Remix OS for PC

Remix OS merupakan salah satu OS yang sangat berkualitas. Namun sayangnya sistem operasi ini sudah tidak dikembangkan lagi. Versi terakhir adalah versi tahun 2018 dengan Android 6 (Marshmallow).

Remix OS dikenal dengan kestabilannya dalam membuka aplikasi dan game Android di PC. Tentunya OS ini bisa diinstall pada PC dan laptop jadul dengan spesifikasi rendah.

7. OPENTHOS

OPENTHOS juga sudah berhenti pengembangannya. OS ini sangat ringan dan berjalan dengan lancar. Namun karena sudah tidak dikembangkan lagi ada beberapa game terbaru yang tidak bisa dimainkan pada OpenThos. Jika kamu menggunakan laptop jadul, tidak ada salahnya mencoba OpenThos versi terakhir.

Versi terakhir OpenThos menggunakan versi Android 8.1.0. User interface atau tampilan yang dihadirkan pada Openthos cukup sederhana dan sangat ringan. Namun tampilan tersebut sangat mudah digunakan.

Kesimpulan

Dari 7 Android OS untuk PC di atas PhoenixOS dan PrimeOS saling bersaing dalam hal optimasi fitur gaming. Jika tujuan kamu bermain game tentunya bisa mencoba terlebih dahulu 2 sistem operasi tersebut. Namun jika kamu suka otak-atik sistem atau aplikasi Android maka Android x86 OS for PC bisa menjadi pilihan yang tepat.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar