Cara Screenshot Laptop HP

Bagi pengguna laptop HP, mengambil screenshot di layar bukanlah hal yang rumit. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan mulai dari menggunakan aplikasi hingga melalui cara cepat dengan tombol keyboard. Namun cara yang paling direkomendasikan adalah menggunakan tombol print screen keyboard karena lebih cepat dan efisien.

Berbeda dengan laptop merek Asus yang telah saya bahas di artikel sebelumnya, cara mengakses tombol print screen di laptop HP terdapat sedikit perbedaan pada tiap tipenya. Ada tipe yang hanya dengan menekan tombol print screen saja seperti tipe HP Pavilion dan HP 14. Namun ada juga yang harus menekan tombol FN bersamaan dengan tombol print screen seperti laptop tipe HP ProBook dan EliteBook.

Screenshot Laptop HP dengan Tombol prt sc

Cara ini berlaku untuk laptop HP tipe Pavilion, HP 14 dan tipe lainnya yang tombol print screen-nya bertuliskan prt sc saja. Artinya untuk mengakses print screen hanya perlu menekan tombol tersebut saja. Tentunya ini bisa digunakan di Windows 7, 8 dan Windows 10.

Tombol prt sc merupakan tombol yang berfungsi untuk screenshot layar. Pada laptop merek HP, tombol print screem tersebut terletak di atas tombol Backspace.

Berikut ini adalah cara screenshot laptop HP dengan menggunakan tombol prt sc.

  1. Tekan tombol Prt sc yang berada di atas tombol Backspace.
  2. Setelah itu, tampilan full layar akan di copy ke memori.
  3. Buka aplikasi Paint.
  4. Paste hasil screenshot ke Paint dengan cara menekan CTRL+V.
  5. Simpan hasil screenshot menjadi gambar dengan cara File > Save As.
Tombol print screen di laptop hp

Kita juga bisa langsung paste hasil screenshot pada MS Word atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan.

Jika ingin screenshot tampilan aplikasi saja maka kita bisa menekan ALT+prt sc. Lalu paste hasilnya ke aplikasi Paint atau Ms Word ataupun aplikasi lainnya sesuai kebutuhan.

Screenshot di Laptop HP dengan tombol FN + prt sc

Pada beberapa tipe laptop HP penggunaan tombol prt sc harus diikuti dengan menekan tombol FN. Biasanya tombol yang perlu dikombinasikan dengan tombol FN dapat dikenali dari tulisan pada tombol tersebut.

Jika dilihat, tombol tersebut akan terdiri dari 2 baris. Baris atas akan dijalankan saat menekan tombol tersebut. Sedangkan baris bawah akan dijalankan saat menekan FN+tombol tersebut. Nah biasanya tombol print screen akan disandingkan dengan tombol Insert. Insert di atas dan prt sc di bawah. Contohnya adalah tipe HP Probook, Elitebook dan HP 15.

Berikut ini adalah cara screenshot di laptop HP dengan menggunakan tombol FN+prt sc.

  1. Pertama, tekan tombol FN dengan tombol prt sc. Maka Windows akan melakukan screenshot dan menyimpan hasilnya dalam clipboard.
  2. Buka aplikasi Paint.
  3. Kemudian, paste hasil screenshot di Paint dengan menekan CTRL+V.
  4. Simpan gambar pada Paint tersebut dengan cara File > Save As.
Tampilan keyboard laptop hp probook

Mudah bukan? Selain menggunakan tombol print screen kita juga bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu aplikasi Snipping Tool. Untuk mengetahui langkah-langkahnya silahkan lihat pada artikel tentang cara screenshot laptop. Dengan aplikasi tersebut kita bisa menentukan area yang ingin di screenshot sesuai keinginan. Terdapat juga pilihan untuk langsung copy hasil screenshot atau menyimpannya sebagai file gambar.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar