Tutorial Belajar Ubuntu Server 20.04 LTS

Tutorial Ubuntu Server

Ubuntu server adalah sistem operasi yang sangat populer di kalangan pengguna VPS. Terkenal dengan software yang uptodate sehingga pengguna sangat mudah untuk mengimplementasikan teknologi server terbaru dengan menggunakan OS ini. Tidak hanya itu, dukungan komunitas dan developer yang sangat aktif juga membuat OS ini memiliki banyak software yang bisa digunakan.

Versi terbaru saat ini adalah Ubuntu Server 20.04 LTS yang mendapatkan dukungan dari developer lebih panjang dari versi biasa. Versi LTS atau Long Term Support pada ubuntu mendapatkan dukungan selama 5 tahun sejak tanggal perilisan. Selain itu, LTS juga lebih stabil sehingga sangat direkomendasikan untuk production server.

Nah, di website ITKoding ini saya akan share semua pengalaman saya selama mengelola beberapa server dan VPS menggunakan Ubuntu. Mulai dari instalasi OS, konfigurasi software atau paket hingga optimasi akan saya tulis secara urut dan terstruktur sehingga bisa mempermudah kita dalam mempelajarinya.

Semua tutorial di sini menggunakan CLI (tampilan teks hitam putih) tanpa GUI. Selain itu, sebagian besar pengaturan secara CLI tanpa panel. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan resource server yang ada sehingga bisa menghandle trafik atau pengunjung dalam jumlah besar dengan resource yang kecil. Terkesan susah bagi pemula. Tapi jangan khawatir karena saya akan menulisnya dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami.

Konfigurasi Dasar Ubuntu Server LTS 20.04

  1. Cara Install Ubuntu Server 20.04 di VPS
  2. Pengaturan Awal Ubuntu Server 20.04
  3. Membuat Partisi Swap di Ubuntu Server 20.04
  4. Instalasi Web Server Nginx, MariaDB, PHP (LEMP) di Ubuntu 20.04
  5. Instalasi SSL Gratis Let’s Encrypt untuk Nginx di Server Ubuntu 20.04
  6. Cara Install phpMyAdmin di Ubuntu 20.04 Server
  7. Cara Install WordPress di VPS Ubuntu 20.04

Konfigurasi Mail Server

  1. Cara Membuat & Konfigurasi Mail Server Postix di Ubuntu 20.04
  2. Instalasi IMAP Server Dovecot & Enkripsi TLS di Ubuntu 20.04
  3. Membuat SPF dan DKIM Pada Mail Server di Ubuntu 20.04
  4. Membuat DMARC Record untuk Proteksi Reputasi Mail Server
  5. Panduan Cara Install Roundcube Webmail di Ubuntu Server 20.04

Jika ada request konfigurasi tertentu pada ubuntu server silahkan kirimkan melalui halaman hubungi kami. Semoga bermanfaat.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar