Ukuran Foto 4R

Foto ukuran 4R merupakan foto yang biasa dimasukkan atau disimpan pada buku album photo. Biasanya dalam 1 halaman album terdapat beberapa foto 4R. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup kecil namun tidak sekecil jenis ukuran pas foto.

Jika diumpamakan maka foto 4R memiliki ukuran yang mirip dengan amplop surat. Bisa juga dikatakan bahwa ukurannya seperti kertas A4 yang dibagi menjadi 4 bagian.

Sesuai dengan namanya yaitu 4R, nilai 4 menandakan bahwa lebar dari photo tersebut adalah 4 inci. Sedangkan panjang dari photo tersebut adalah 6 inci. Tentunya hal ini juga berlaku untuk jenis ukuran seri R lainnya misalnya foto 10R memiliki lebar 10 inci dan lainnya.

Nah, itu jika dalam inci, lalu berapa cm ukuran tersebut? Karena di Indonesia tidak biasa menggunakan inci maka mari kita bahas ukurannya dalam cm, mm, inci dan juga pixel.

Foto ukuran 4r dalam cm mm inci pixel

Ukuran Foto 4R dalam cm

Ukuran foto 4R dalam satuan centimeter adalah 10.2 x 15.2 cm. Lebar dari photo tersebut adalah 10.2 cm. Sedangkan panjang dari photo adalah 15.2 cm. Ukuran di atas jika digambarkan maka mirip dengan amplop surat. Namun tentunya tidak sama persis dengan ukuran amplop tersebut.

Foto Ukuran 4R dalam mm

Dalam satuan milimeter, ukuran 4R adalah 102 x 152 mm. Di mana lebarnya adalah 102 mm dan panjangnya adalah 152 mm.

Foto Ukuran 4R dalam inci

Dalam satuan inci, ukuran 4R adalah 4 x 6 in. Artinya lebar dari foto adalah 4 in sedangkan panjangnya 6 in. Angka 4 pada 4R menunjukkan lebar photo.

Ukuran Foto 4R dalam pixel

Ukuran 4R dalam pixel adalah 1200 x 1800 px dengan resolusi 300dpi. Artinya lebar foto tersebut adalah 1200px dan tingginya adalah 1800px. Resolusi yang digunakan adalah 300dpi. Kita harus mengatur resolusinya karena jika tidak diatur maka ukuran photo tidak menjadi 4R.

Pixel dan resolusi dpi merupakan 2 aspek penting yang menentukan ukuran cetak foto. DPI menentukan banyaknya dot atau pixel dalam 1 inci. Lalu bagaimana cara membuat dan cetak foto 4R sendiri? Kita bisa menggunakan aplikasi photo editing seperti Photoshop. Selain itu kita juga bisa menggunakan MS Word.

Cara Buat dan Cetak Foto Ukuran 4R di Photoshop

  1. Buka software Adobe Photoshop.
  2. Klik menu File, setelah itu pilih New.
  3. Ubah satuan dari Width dan juga Height menjadi Pixels.
  4. Masukkan angka 1200 pada Width dan 1800 pada Height.
  5. Masukkan angka 300 pada Resolution. Lalu pastikan satuannya adalah Pixels/Inch.
  6. Kemudian klik OK.
  7. Masukkan foto ke kanvas yang sudah dibuat. Edit sesuai kebutuhan.
  8. Cetak foto dengan cara klik File > Print. Pilih printer yang ingin digunakan. Lalu klik Print Settings. Ubah kertas menjadi ukuran 4 x 6 inch. Lalu Klik OK. Lalu klik Print.

Penggunaan Foto 4R

Album Foto

Umumnya photo 4R digunakan untuk album foto. Dalam 1 halaman album yang berukuran besar tentunya terdapat beberapa foto 4R. Namun ada juga album yang berukuran lebih kecil untuk menempatkan 1 photo 4R dalam 1 halaman.

Foto Pigura di Dinding dan Meja

Foto ukuran 4R terkadang dipajang di dinding dengan menggunakan pigura atau bingkai. Namun karena berukuran cukup kecil maka letaknya tidak terlalu tinggi. Biasanya jenis photo 4R di pajang dengan pigura di meja.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar