Ukuran Foto, Feed dan Video Instagram Paling Pas 2020

Semakin berkembangnya teknologi kamera, kualitas foto dan video yang beredar saat ini semakin tinggi. Bahkan hanya berbekal sebuah HP kita bisa menghasilkan foto resolusi HD dengan mudah. Hal ini tentunya berdampak pada dunia internet khususnya sosial media Instagram. Sebagai sosial media yang berbasis gambar, Instagram meningkatkan kebijakan tentang ukuran foto dan video standar untuk para penggunanya. Perubahan tersebut tentunya untuk menyesuaikan dengan perkembangan dunia fotografi saat ini.

Dulunya IG hanya mendukung foto square (persegi) dengan ukuran lebar maksimal 640 pixel. Sehingga semua gambar yang tidak persegi atau lebar melebihi 640 pixel akan terpotong atau dicrop. Namun kebijakan tersebut ditingkatkan. Sekarang instagram mendukung 3 jenis foto yaitu foto persegi, landscape (mendatar) dan portrait (tegak).

Ukuran foto Instagram juga ditingkatkan. IG kini mendukung foto dengan lebar antara 320 pixel hingga 1080 pixel. Jadi semua gambar dengan lebar di bawah 320 pixel akan diperbesar menjadi 320 pixel. Sedangkan foto yang lebarnya lebih dari 1080 pixel akan diperkecil atau dipotong menjadi 1080 pixel.

Berapa ukuran foto instagram yang direkomendasikan?

Ukuran foto instagram yang optimal agar tidak terpotong adalah 1080 x 1080 pixel dengan aspek rasio 1:1 untuk foto persegi. Sedangkan untuk foto landscape ukuran yang optimal adalah 1080 x 566 pixel dengan aspek rasio 1.91:1. Dan untuk ukuran foto portrait adalah 1080 x 1350 pixel dengan aspek rasio 4:5.

Infografik ukuran foto, feed, video instagram

Bingung dengan istilah ukuran pixel dan aspek rasio? Mari kita bahas secara singkat.

Apa itu ukuran pixel?

Pixel merupakan ukuran yang paling sering digunakan untuk sebuah gambar. Ukuran pixel didiskripsikan dengan 2 nilai yaitu lebar x tinggi. Misalnya foto landscape berukuran 1080 x 566 pixel berarti lebarnya 1080 pixel dan tingginya 566 pixel. Pixel selalu digunakan dalam menentukan ukuran gambar secara digital baik di kamera, komputer atau website.

Mungkin diantara kita akan bertanya tentang bagaimana jika ingin menggunakan ukuran centimeter. Mari kita bahas!

Ukuran Foto Instagram dalam cm

Untuk merubah pixel ke cm tidak bisa hanya dengan informasi ukuran pixel saja. Kita juga harus mengetahui resolusi gambar tersebut yang biasa disebut dengan ppi (pixel per inch). Karena cukup rumit saya akan share langsung hasil perhitungan dari ukuran rekomendasi di atas menjadi cm. Dengan ppi standar gambar website online yaitu 72 ppi.

Ukuran foto instagram dalam cm adalah 38.1 x 38.1 cm dengan rasio 1:1 untuk foto persegi atau feed. Sedangkan ukuran untuk foto landscape yang direkomendasikan adalah 38.1 x 20 cm dengan rasio 1.91:1. Dan untuk foto portrait ukuran yang disarankan adalah 38.1 x 47.63 cm dengan rasio 4:5. Dengan catatan PPI yang digunakan pada gambar adalah 72 PPI.

Sebenarnya sangat jarang foto digital menggunakan ukuran cm atau mm. Hal ini dikarenakan secara default hampir semua sistem menggunakan pixel sebagai ukuran gambar.

Apa itu aspek rasio?

Aspek rasio adalah perbandingan antara lebar dan tingginya. Misalnya ukuran foto persegi adalah 1080 x 1080 pixel berarti aspek rasionya adalah 1080:1080 atau sama dengan 1:1.

Nah setelah mengetahui tentang pixel dan aspek rasio mari kita lanjutkan pembahasan ukuran foto instagram sesuai dengan fungsinya. Sesuai penjelasan di awal bahwa Instagram mendukung 3 jenis foto. Setiap jenis gambar memiliki fungsi masing-masing misalnya foto square cocok untuk feed. Setiap jenis gambar juga memiliki rekomendasi ukurannya masing-masing. Mari kita bahas satu-persatu.

Ukuran Feed Instagram: Foto Persegi

Ukuran feed Instagram yang optimal adalah 1080 x 1080 pixel dengan aspek rasio 1:1. Ukuran tersebut sesuai dengan lebar maksimal yang rekomendasikan oleh Instagram pada halaman resminya. Dengan foto persegi berukuran maksimal yaitu 1080 pixel, foto tidak akan pecah dan tidak terpotong.

Foto persegi dengan rasio 1:1 adalah sebuah keharusan bagi pengguna yang ingin membentuk feed dari beberapa post foto. Agar foto tidak pecah maka direkomendasikan untuk menggunakan ukuran 1080 pixel pada masing-masing gambar. Misalnya jika ingin membentuk feed instagram 1 baris (3 kotak) maka harus menyiapkan gambar dengan lebar 3×1080 dan tinggi 1080 pixel. Artinya gambar dengan lebar 3240 x 1080 pixel lalu dibagi menjadi 3 gambar masing-masing berukuran 1080 x 1080 pixel.

Ukuran Foto Landscape Instagram

Ukuran landscape instagram yang direkomendasikan adalah 1080 x 566 pixel dengan rasio 1.91:1. Ukuran tersebut memaksimalkan lebar foto 1080 pixel sesuai ketentuan Instagram. Kita juga bisa upload rasio 16:9 dengan ukuran 1080 x 608 pixel. Namun border akan ditambahkan jika memakai rasio 16:9.

Foto landscape atau persegi panjang tidak cocok untuk kegiatan promosi. Hal ini dikarenakan banyak space kosong di bawah gambar sehingga kurang proporsional. Jadi jika tujuannya adalah untuk media promosi sebaiknya gunakan gambar persegi. Foto landscape sangat cocok untuk fotografi pemandangan dan landscape lainnya.

Ukuran Post Instagram Portrait

Ukuran post Instagram Portrait yang disarankan adalah 1080 x 1350 pixel dengan rasio 4:5. Rasio tersebut adalah ukuran maksimal untuk foto portrait yang didukung Instagram. Foto akan terpotong jika melebihi rasio 4:5 misalnya 4:6 atau 4:7 dan seterusnya.

Ukuran Foto Profil Instagram

Ukuran foto profil pada Instagram adalah minimal 110 x 110 pixel. Supaya gambar tidak terpotong maka gambar harus memiliki aspek rasio 1:1 atau disebut persegi.

Kita bisa menggunakan size yang lebih besar dari 110 pixel supaya gambar terlihat lebih baik. Tidak disarankan untuk menggunakan size di bawah itu karena dapat mengakibatkan gambar pecah.

Ukuran Video Instagram

Sama dengan foto, kita bisa menggunakan ukuran persegi, landscape dan portrait saat posting video Instagram. Ukuran video persegi adalah 1080 x 1080 pixel. Sedangkan ukuran video landscape adalah 1080 x 566 pixel. Dan video portrait adalah 1080 x 1350 pixel. Durasi yang diperbolehkan untuk video posting adalah 2 hingga 60 detik.

Penutup

Semua topik pembahasan di atas adalah gambar atau video posting (feed) saja. Tidak untuk IGTV atau Instastory. Kedua topik akan kita bahas pada tulisan saya lainnya.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar