Cara Cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2021

Salah satu syarat untuk mendaftar CPNS atau PNS tahun ini adalah memiliki kartu informasi akun SSCN 2021. Setiap peserta yang mendaftar diwajibkan mengisi dan mencetak kartu yang berisi informasi data kita untuk digunakan sebagai bukti bahwa kita telah mendaftar CPNS secara resmi. Namun, tidak jarang peserta lupa cetak kartu tersebut dan terlanjur menekan tombol proses pendaftaran.

Tidak usah khawatir karena kita masih bisa mencetak ulang kartu informasi akun sscn tersebut dengan langkah yang sangat mudah. Meskipun sangat mudah, sebagian peserta tidak mengetahui langkah-langkahnya. Bahkan tidak jarang merasa kebingungan dalam mengatasi masalah ini. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan cara yang mudah diikuti di laptop atau HP anda.

Cara Cetak Ulang Kartu Informasi Akun SSCN 2021 yang Lupa dicetak

  1. Buka aplikasi internet browser seperti Google Chrome pada laptop atau HP.
  2. Buka website pendaftaran CPNS 2021 SSCASN di sscasn.bkn.go.id.
  3. Klik tombol Login.
  4. Kemudian login dengan akun SSCN anda menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  5. Isi biodata lengkap pada kolom-kolom yang tampil.
  6. Klik tombol “Selanjutnya” yang ada di bawah untuk menuju ke langkah berikutnya.
  7. Pilih seleksi yang diinginkan, di sana akan muncul 3 pilihan seleksi diantaranya adalah PPPK Guru, CPNS dan PPPK (Non Guru).
  8. Klik tombol “Selanjutnya” untuk memilih formasi.
  9. Pilih Instansi atau Jenis Formasi yang diinginkan.
  10. Setelah itu, klik tombol “Selanjutnya” untuk menuju ke halaman Dokumen.
  11. Lalu upload dokumen sesuai ketentuan jenis dokumen yang ditampilkan. Contohnya seperti ijazah, foto, TOEFL, STR, Sertifikat lain dan Surat Lamaran.
  12. Kemudian klik “Selanjutnya” untuk menuju ke halaman Resume.
  13. Cek semua data kita apakah pengisiannya sudah sesuai atau belum. Jika belum kita bisa membetulkannya kembali, namun apabila sudah sesuai kita bisa klik tombol “Akhiri Proses Pendaftaran”.
  14. Centang check box “Saya setuju” yang ada di bawah tombol “Akhiri Proses Pendaftaran”.
  15. Lalu klik tombol “Selanjutnya”.
  16. Setelah itu klik “Iya” pada kotak dialog “Peringatan” yang muncul untuk konfirmasi dan memproses pendaftaran.
  17. Lihat pada bagian bawah halaman lalu klik tombol “Cetak Kartu Informasi Akun” maka secara otomatis file PDF akan diunduh dalam bentuk PDF.
  18. Buka file PDF yang telah diunduh lalu cetak dengan menggunakan printer.

Cara Download Kartu Informasi Akun SSCN

Sebenarnya caranya sudah termasuk dalam langkah-langkah di atas. Dalam langkah tersebut secara otomatis file PDF akan diunduh dan disimpan di laptop atau HP anda. File hasil unduh biasanya akan masuk ke folder Downloads. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ikuti satu persatu proses pendaftaran seperti yang sudah dijelaskan pada tahapan sebelumnya hingga sampai pada bagian tab final resume kita.
  2. Klik pada tombol “Cetak Kartu Informasi Akun” di bagian bawah final resume tersebut untuk mendownload file kartu tersebut ke dalam komputer kita.
  3. Kemudian muncul kotak dialog untuk mulai mendownload file tersebut. Klik Save maka kartu yang berupa file PDF akan terdownload dan siap untuk dicetak.

Contoh Kartu Informasi Akun SSCN 2021

Setelah menyimpan file atau mencetaknya maka kartu infomasi akun akan berbentuk seperti gambar di bawah ini:

Contoh kartu informasi akun sscn 2021

Bagaimana, Mudah bukan? Setelah mengetahui langkah-langkahnya, sekarang kita bisa mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2021 kapanpun. Jadi kita tidak perlu khawatir jika lupa cetak saat pertama kali mendaftar karena masih bisa dicetak ulang. Kita hanya perlu melengkapi biodata hingga selesai pada halaman Resume bagi peserta yang belum melengkapi biodata. Namun jika sudah lengkap maka halaman Resume akan langsung tampil dan kita bisa langsung mencetak kartu tersebut.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar