Cara Daftar ICONNECT PLN

Seperti yang kita ketahui bahwa PLN merupakan perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia. Pada akhir bulan Mei kemarin, PLN meluncurkan layanan terbarunya dibidang penyediaan internet yaitu ICONNECT melalui anak perusahaannya ICON+. Dengan adanya layanan ini tentunya bisa menjadi alternatif dan pilihan baru dalam berlangganan internet kabel.

Lalu bagaimana cara daftar berlangganan ICONNECT? Sebelum membahas caranya mungkin sebagian dari kita belum mengetahui layanan ICONNET ini. Nah, mari kita bahas terlebih dahulu.

Apa itu ICONNECT PLN?

ICONNECT adalah layanan internet fiber optic dari anak perusahaan PLN yang bernama PT Indonesia Comnets Plus (ICON+). Selain internet fiber unlimited, ICONNET juga menyediakan layanan Internet + TV. Layanan tersebut mirip dengan IndiHome Fiber.

Biaya langganan internet ICONNECT cukup murah jika dibandingkan penyedia internet wifi lainnya. Saat artikel ini ditulis, biaya langganan internet termurah di ICONNET adalah 185 ribu untuk kecepatan 10 Mbps. Sedangkan untuk 20 Mbps sebesar 207 ribu. Untuk 50 Mbps sebesar 297 ribu. Lalu untuk 100 Mbps adalah 427 ribu.

Cukup murah bukan? Nah, sekarang kita bahas cara mendaftar pada layanan tersebut.

Cara Daftar ICONNECT PLN 2021

Sebelum mendaftar layanan internet ICONNET PLN, pastikan anda sudah menjadi pelanggan listrik PLN. Kita membutuhkan nomor ID pelanggan PLN untuk mendaftar ICONNECT. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile di Android.

Berikut cara daftar ICONNECT internet PLN terbaru 2021:

  1. Install aplikasi PLN Mobile pada Android melalui link ini.
  2. Tap Daftar Sekarang untuk mendaftar akun baru.
  3. Isi data nama, email, nomor HP dan password lalu tap Daftar. Maka secara otomatis anda akan login setelah proses pendaftaran akun berhasil.
  4. Tap menu ICONNET.
  5. Lalu tap tombol Cek Coverage untuk mengetahui ketersediaan jaringan ICONNECT di area kita. Maka tampilan map akan muncul.
  6. Arahkan lokasi pemasangan sesuai keinginan pada map.
  7. Tap Cek Area. Jika area anda sudah tersedia jaringan maka anda dapat melanjutkan proses pendaftaran. Jika belum tercover maka akan muncul tampilan “Oops, area anda belum tercover!” dan anda tidak bisa mendaftar.
  8. Tap tombol Lanjutkan jika jaringan sudah tercover di area anda.
  9. Tap tambah ID Pelanggan/Nomor Meter untuk memasukkan nomor pelanggan PLN anda.
  10. Masukkan nomor ID pelanggan PLN anda lalu tap Periksa. Kemudian tap Simpan. Lalu tap OK.
  11. Lanjutkan proses pendaftaran melalui HP, pilih paket kecepatan internet unlimited yang diinginkan. Jika selesai maka akan ada email konfirmasi pendaftaran beserta petunjuk pembayaran.
  12. Lakukan pembayaran sesuai petunjuk yang dikirim.
  13. Tunggu hingga petugas melakukan pemasangan dan aktivasi.
Tampilan aplikasi pln mobile di android

Setelah pemasangan dan aktivasi selesai maka kita sudah bisa menggunakan internet tersebut unlimited tanpa batas kuota. Hingga saat ini saya masih belum menemukan informasi tentang batasan FUP kuota pada layanan ini. Kualitas internet yang didapatkan sebenarnya cukup mirip dengan Indihome.

Simak juga: cara mengetahui pengguna wifi IndiHome.

Dari proses pendaftaran di atas maka kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa syarat dan ketentuan penting dalam menggunakan layanan ini.

Syarat dan Ketentuan ICONNET PLN

  • Untuk dapat mendaftar, calon pelanggan harus memiliki ID pelanggan PLN. Artinya kita harus sudah menjadi pelanggan listrik PLN.
  • Area harus sudah tercover jaringan fiber optic ICONNECT PLN. Kabel yang digunakan bukanlah kabel listrik PLN. Jadi tidak semua area yang sudah ada listrik PLN telah tercover jaringan ICONNET. Kita harus cek terlebih dahulu melalui aplikasi.
  • Minimal berlangganan 1 tahun. Jika terjadi pemutusan sebelum 1 tahun maka akan terkena denda.

Bagaimana? Tertarik dengan layanan internet terbaru ini? Dengan sudah tersebarnya tiang-tiang listrik PLN tentunya akan mempermudah pemasangan ODP hingga ke pelosok daerah. Namun pastinya membutuhkan waktu agar semua area tercover jaringan.

Semakin banyaknya penyedia layanan internet fiber, diharapkan memperbanyak pilihan provider yang berkualitas dengan harga bersaing. Dan semoga tidak hanya tenar di awal peluncuran saja.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar