Harga Oppo A53 Beserta Spesifikasi, Keunggulan, Kekurangan

Transformasi di setiap seri hp Oppo terbilang singkat. Selisih hanya beberapa bulan saja setelah meluncurkan seri A52, Oppo kembali meluncurkan hp penerusnya yaitu A53. Sama-sama diperuntukkan bagi kelas pemula, Oppo A53 memiliki tampilan yang tak jauh beda dengan versi sebelumnya, hanya saja berat hp A53 dirancang lebih ringan dan lebih tipis.

Upgrade yang signifikan terletak di bagian-bagian tertentu terutama di bagian layarnya yang mendukung refresh rate 90Hz dan sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Aspek lain yang mungkin bisa menjadi nilai tambah dari hp ini adalah baterai yang kapasitasnya besar serta ada fitur fast charging.

Agar kita tahu berapa harga hp Oppo A53, seperti apa spek dan review lengkapnya, maka mari kita bahas secara lengkap mulai dari harganya.

Harga HP OPPO A53 Terbaru 2021

  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 1.500.000
  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.000.000

Spesifikasi Lengkap OPPO A53

  • CPU : Snapdragon 460
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Kamera depan : 16 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 13MP Wide, 2MP Macro, 2MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,5”
  • Dimensi : 163,9 mm x 75,1 mm x 8,4 mm
  • Berat : 186 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Jika dilihat dari luar sekilas hp ini tidak berbeda dengan seri Oppo A52, baik dari desain framenya maupun bentuk bodynya. Yang jadi pembeda adalah dari sisi dimensinya. Hp Oppo ini memiliki panjang sekitar 163,9 mm, lebar 75,1 mm, dan ketebalan yang hanya sekitar 8,4 mm. Lebih tipis dari versi sebelumnya. Hal itu mungkin berdampak pada beratnya yang didesain lebih ringan, yang mulanya sekitar 192 gram menjadi 186 gram saja.

Tampilan belakang oppo a53

Dilihat dari warnanya mengkilap seperti kaca padahal bahannya masih terbuat dari polikarbonat dengan tulisan oppo yang diletakkan di belakang bawah body hp. Tersedia 3 pilihan warna unutk HP OPPO terbaru ini antara lain Fairy White, Electric Black, dan Fancy Blue. Semua warna dibuat mengkilap dengan kualitas warna yang terlihat premium.

Kamera

Pada bagian kameranya Oppo memasangkan 3 buah lensa di kamera belakangnya yang terdiri dari 13MP kamera wide, 2 MP kamera Macro, dan 2 MP sensor depth. Lalu di kamera depannya menggunakan lensa yang beresolusi lebih besar daripada kamera belakangnya yaitu sebesar 16 MP.

Kamera depannya juga memiliki fitur selfie AI Camera untuk membuat hasil selfie kita lebih maksimal. Mungkin Oppo sengaja menonjolkan kamera depan hp ini untuk selfie daripada kamera belakangnya. Untuk kualitas video yang dihasilkan baik kamera depan maupun kamera belakangnya maksimal bisa merekam kedalam resolusi 1080p dengan kecepatan frame rate hanya di 30FPS.

Simak juga: Harga HP OPPO A15.

Layar

Inilah bagian yang bisa dibanggakan dari hp Oppo A53 yaitu layarnya. Layar yang berukuran 6,5 inci ini meski maksimal resolusinya di HD+ tapi sudah mendukung refresh rate 90Hz. Dengan kecepatan layar segitu bisa dibilang nyaman jika dipakai untuk browsing, scroll-scroll instagram, ataupun menonton film.

Layarnya juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 agar kita tidak perlu khawatir akan goresan yang muncul pada layar hp kita ketika terjadi sesuatu.

Chipset CPU

Prosesor yang disematkan di hp ini yaitu menggunakan chipset Snapdragon 460, chipset yang terkencang di antara Snapdragon seri 400 lainnya. Kalau dites menggunakan aplikasi antutu skor yang didapat hp Oppo A53 ini sekitar 146 ribuan, skor yang standar untuk hp kelas pemula.

Apabila dibuat bermain game seperti Mobile Legends bisa dapat settingan tertingginya walau terkadang frame ratenya seringkali drop. Kemudian pada game PUBG Mobile settingan default yang didapat bisa di Smooth-High dengan frame rate maksimal di 30an FPS.

Baca juga: Harga HP OPPO A54.

Baterai

Karakter baterai pada hp ini masih dirasa sama dengan versi sebelumnya yakni menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh serta didukung fitur fast charging 18W. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecas baterai dari nol persen ke 100 persen bisa memakan waktu sekitar 2 jam setengah.

Pemakaian baterai ini pada saat dibuat main game CODM selama 30 menit, berkurang hanya sekitar 6 persen saja. Sementara itu jika dipakai menonton video dengan kecerahan layar dan volume maksimal selama 30 menit mengurangi prosentase baterai hanya 7 persen.

Penutup

Bagi kita yang punya budget pas pasan tapi menginginkan hp dengan layar yang sudah 90Hz dan baterai dengan kapasitas lumayan besar, Oppo A53 ini bisa jadi pilihan kita. Hp ini memang kurang pas jika diperuntukkan bagi para gamer maniac yang mengedepankan performa dalam bermain game mengingat pengembangan chipsetnya belum begitu maksimal.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar