Harga Samsung Galaxy A32, Spesifikasi Lengkap dan Review

Di awal tahun ini Samsung mengenalkan ketiga seri hp baru mereka, salah satunya yang menarik perhatian adalah seri Galaxy A32. Seri ini adalah varian paling murah dari line up mid-range yang samsung miliki. Meskipun termasuk hp mid-end murah tapi kualitasnya tidak bisa dianggap remeh.

Build quality dari hp ini bisa dianggap yang paling bagus dibanding kompetitornya. Terlihat premium karena desain kameranya tanpa frame. Spek dari samsung A32 juga tidak ketinggalan, dari mulai layarnya, kamera, chipsetnya, dan baterainya patut untuk diacungi jempol.

Agar kita lebih tahu mengenai harga, spesifikasi, dan review lengkap hp samsung A32 ini maka sebaiknya kita simak artikel berikut!

Harga Samsung A32

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 3.300.000
  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 3.500.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A32

  • CPU : Helio G80
  • RAM : 6 GB RAM, 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 20 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 64 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 5 MP macro, 5 MP depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 15 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 158,9 mm x 73,6 mm x 8,4 mm
  • Berat : 184 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Bagian belakang hp samsung galaxy a32

Desain Samsung A32 terlihat seperti berbahan kaca walau masih terbuat dari bahan polycarbonate dengan finishing glossy membuat hp ini seperti hp kelas high-end. Panjang hp ini sekitar 158,9 mm, dengan lebar 73,6 mm, dan tebal 8,4 mm, ditambah beratnya yang hanya 184 gram terasa tidak begitu berat ketika digenggam.

Sedikit mengganjal di bagian desain kamera belakangnya, meski tanpa frame namun lensa kameranya dibuat timbul sehingga rawan lecet dan penyok ketika hp ditidurkan. Varian warnanya hampir sama dengan seri lain yang dirilis bersama hp ini antara lain ada warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue dan Awesome Violet.

Kamera

Dari sisi kameranya terdapat 4 buah lensa yang dipasangkan di kamera belakangnya dengan rincian 64 MP lensa wide, 8 MP lensa Ultrawide, 5 MP lensa macro, dan 5 MP sensor depth. Hasil gambarnya memang bukan yang terbaik tapi detail, warna, saturasi, dan exposure terasa berada di tempat yang tepat.

Shutter kameranya serasa ada sedikit delay pada saat pengambilan gambar yang akan berdampak ketika mengambil objek foto secara cepat. Lalu untuk kamera depannya dipasangkan kamera beresolusi 20 MP, hasil gambarnya overall oke namun ketika dipakai untuk foto portrait terkadang ada miss.

Kualitas video dari kamera samsung A32 ini mendukung resolusi video 1080 piksel dengan kecepatan frame rate 30 FPS untuk kamera depan maupun belakangnya.

Simak juga: HP Samsung Terbaru.

Layar

Sementara itu pada bagian layarnya memakai panel Super AMOLED dengan kecepatan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Resolusi layarnya mendukung 1080 x 2400 piksel akan memanjakan mata kita ketika dipakai bermain game dengan pace tinggi.

Kita juga akan menemukan fingerprint di dalam layar yang akurasinya cukup cepat untuk sebuah in-screen fingerprint pada hp.

Sayangnya hp ini tidak belum mempunyai fitur Corning Gorilla Glass sebagai pelindung layarnya, jadi kita harus lebih berhati-hati ketika menggunakan hp ini.

Lihat juga: Harga HP Samsung Galaxy A22.

Chipset CPU

Performanya cukup responsif karena menggunakan chipset Helio G80. Chipset keluaran mediatek yang satu ini sudah umum dipasangkan di hp-hp kelas menengah. Lebih oke kalau dibuat pekerjaan yang ringan-ringan seperti bermain instagram, tiktokan, main twitter, chattingan, dan sejenisnya.

Buat bermain game pun sebenarnya tidak ada masalah yang berarti, contoh main Mobile Legends bisa dapat settingan high frame rate yang lancar dan stabil serta tidak panas.

Kemudian jika dibuat main PUBG Mobile kita bisa setting di Smooth Ultra atau di Hd High dan masih terbilang lancar, untuk frame rate aman-aman saja tidak drop. Selanjutnya ketika kita uji hp ini menggunakan aplikasi antutu versi 8, Samsung A32 sanggup menorehkan skor di angka 286 ribuan.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy A52.

Baterai

Satu kata untuk baterai hp yang ditawarkan Samsung A32 ini yaitu “Lega”. Baterai berkapasitas 5000 mAh jika dipakai seharian masih terasa awet-awet saja. Misalnya pada saat dipakai game PUBG Mobile selama 30 menitan baterai hp hanya berkurang sektitar 7 persen.

Lanjut bermain game mobile legends selama 25 menit konsumsi baterainya hanya berkurang sekitar 6 persen saja. Untuk kecepatan mengecasnya sendiri hp samsung A32 ini support fast charging 15 W. Jadi untuk mengisi baterai hp dari nol menuju penuh waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam 15 menit saja.

Penutup

Samsung A32 merupakan salah satu hp mid-end terbaik yang bisa kita dapatkan dengan harga 3 jutaan saja. Segar saat dilihat dari luar karena desainnya berbeda dari yang lain, dan garang karena spesifikasi di dalam hp ini cukup bisa diandalakan untuk dipakai sehari-hari ataupun bermain game.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar