Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa diformat

Saat ini SD Card sangat populer digunakan sebagai memori kamera DSLR atau Mirrorles untuk menyimpan video dan foto hasil jepretan kamera. Dengan fungsi yang sangat penting itu tentunya kita harus menggunakan kartu SD yang berkualitas. Namun sayangnya meskipun berkualitas tak jarang kita mengalami masalah pada memory card tersebut. Seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu. SD Card tidak bisa diformat padahal saya perlu membersihkan semua data dan mengatur ulang file system kartu SD tersebut.

Keterangan error saat sd card tidak bisa diformat

Kenapa SD Card tidak bisa diformat?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan SD Card tidak bisa di format yaitu aktifnya lock pada sisi kartu SD, system kartu SD error atau hardware yang bermasalah (rusak). Masalah ini bisa terjadi pada semua merek SD Card mulai dari SanDisk, Transcend, Sony, Kingston dan lainnya. Tidak hanya terjadi pada SDCard saja tetapi bisa juga terjadi pada flashdisk, MMC atau micro SD yang sering digunakan di HP Android. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jika SDCard tidak corrupt atau rusak secara hardware maka seharusnya dengan melakukan format melalui diskpart atau low level format. Nah, pada tutorial ini saya akan share 3 langkah yang bisa anda coba.

Berikut ini adalah cara memperbaiki SD card yang tidak bisa diformat di PC atau laptop.

1. Cek SD Card tidak dalam Kondisi Lock Hardware

Pesan error jika sdcard dilock adalah the disk is write protected saat diformat. Umumnya tombol lock berada di sisi SD card. Pastikan posisinya tidak dalam kondisi terlock agar kartu SD bisa diformat. Setelah itu silahkan coba untuk melakukan format seperti biasa. Tapi jika ternyata kartu SD tidak dilock lakukan Langkah berikutnya.

Tombol switch lock pada sd card

2. Hapus Atribut Readonly dan Format dengan Diskpart

  1. Klik menu Start lalu ketik cmd. Klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as administrator.
  2. Ketik diskpart lalu tekan Enter.
  3. Lalu ketik list disk kemudian Enter. Lihat di Disk berapa SD Card anda berada. Anda bisa melihat berdasarkan kapasitasnya misalnya SD Card saya 14 GB sesuai gambar di bawah maka ada di posisi Disk 2.
  4. Ketik select disk 2 lalu Enter. Jangan lupa untuk mengganti nomor disknya sesuai posisi kartu SD anda.
  5. Kemudian ketik clean untuk menghapus semua partisi di SD kemudian Enter. Jika ada file explorer muncul minta format maka silahkan close explorer tersebut.
  6. Ketik create partition primary lalu Enter untuk membuat partisi.
  7. Setelah itu ketik assign letter=M lalu tekan Enter. Maka sdcard akan berada di posisi drive M. Jika ada tampilan file explorer Windows yang meminta format disk silahkan tutup saja karena kita akan format melalui diskpart ini.
  8. Ketik format fs=fat32 quick label=sdbaruku lalu Enter. Tunggu hingga selesai maka sdcard sudah terformat dengan system fat32.
Perintah diskpart untuk format sd card

Bagaimana? Ribet bukan? Tujuan dari langkah-langkah di atas adalah menonaktifkan readonly dan membersihkan semua partisi yang mungkin menjadi sumber masalah. Dengan demikian kita dapat membuat partisi baru yang bisa diformat. Namun jika masih gagal maka langkah terakhir yang bisa kita coba dari sisi software adalah low level format. Silahkan simak langkah-langkahnya.

3. Format dengan Low Level Format

  1. Unduh software HDD Low Level Format Tool dari CNET di sini.
  2. Install kemudian buka software tersebut.
  3. Klik Continue for free.
  4. Pilih SD Card yang ingin di format lalu klik Continue.
  5. Klik pada Tab LOW-LEVEL FORMAT.
  6. Lalu klik Format This Device. Kemudian klik Yes.
  7. Tunggu hingga proses selesai lalu cabut memori card kemudian tancapkan lagi.
  8. Harusnya kartu SD akan minta diformat. Lakukan format seperti biasa maka kartu SD siap digunakan kembali.
Low level format untuk sdcard

Masih gagal? Jika ya maka kemungkinan yang rusak adalah komponen hardware kartu SD. Menurut pengalaman saya hal tersebut sering terjadi jika kartu SD sering terjatuh, terkena air atau berada di tegangan listrik yang tidak sesuai (card reader yang kurang baik). Kebiasaan mencabut SD Card tanpa safely remove juga bisa menyebabkan masalah ini.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Komentar

  • Aufar
    • M. Hernawan

Kirim Komentar