Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Saat membuka aplikasi atau game tiba-tiba muncul error dengan pesan kesalahan Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details. Error tersebut menunjukkan bahwa Script Host tidak aktif pada Windows yang kita gunakan. Error ini bisa terjadi pada Win XP, Windows 7, 8 dan Windows 10.

Apa itu Windows Script Host?

Windows Script Host atau biasa juga disebut WSH merupakan fitur dari Microsoft yang ada di Windows. Fungsi Script Host adalah untuk melakukan otomasi pada komputer client oleh administrator melalui CScript atau WScript.

Secara default, WSH seharusnya selalu aktif di Windows. Namun ada beberapa antivirus yang mematikan WSH untuk meningkatkan keamanan sistem. Salah satunya adalah Smadav. Jika anda menggunakan Smadav maka kemungkinan antivirus itulah yang menyebabkan error di atas.

Untuk mengatasi error Windows Script Host is disabled ada 2 cara yang bisa digunakan. Pertama melalui regedit. Kedua melalui setting di antivirus Smadav jika kita menggunakan Smadav. Kita mulai dari yang pertama.

Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine melalui Regedit

Registry Editor atau regedit menyimpan semua konfigurasi yang sedang berjalan di sistem operasi. Untuk enable windows script host konfigurasi yang perlu di ubah berada di HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings dan juga HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings. Lebih jelasnya silahkan simak langkah di bawah ini.

Berikut ini adalah cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine di Windows 10, 8 dan 7 melalui regedit.

  1. Tekan tombol Windows + R lalu ketik regedit. Kemudian tekan Enter. Maka akan tampil jendela Registry Editor.
  2. Klik tanda panah disebelah HKEY_CURRENT_USER.
  3. Lalu klik tanda panah pada SOFTWARE.
  4. Klik panah pada Microsoft.
  5. Kemudian klik panah disebelah Windows Script Host.
  6. Lalu klik pada folder Settings.
  7. Klik 2x pada Enabled yang ada di sebelah kanan layar. Ubah Value data dari 0 menjadi 1. Klik OK.
  8. Kembali ke folder paling atas di regedit. Klik panah di folder HKEY_LOCAL_MACHINE.
  9. Ulangi langkah 3 hingga 7 pada folder tersebut.
  10. Restart laptop atau PC untuk melihat perubahan.

Jika Enabled tidak ada pada regedit maka anda bisa membuat sendiri dengan cara klik kanan pada folder Settings > klik New > pilih DWORD > isikan namanya Enabled > lalu lakukan langkah nomor 7 di atas.

Jika pada HKEY_LOCAL_MACHINE tidak ada Windows Script Host maka silahkan lewati langkah tersebut. Langsung restart laptop atau PC anda.

Terkadang cara di atas tidak berhasil khususnya bagi pengguna Smadav. Hal ini dikarenakan pengaturan Smadav yang menonaktifkan WSH. Nah jika anda pengguna antivirus Smadav maka lakukan cara selanjutnya.

Mengaktifkan Windows Script Host di Smadav

Secara default Smadav mematikan fitur WSH pada sistem operasi. Sehingga fitur dari Microsoft tersebut tidak aktif dan mengakibatkan pesan error tersebut muncul saat ada aplikasi yang menggunakan WSH. Pengaturan untuk mengaktifkan WSH di Smadav bisa dilakukan melalui tray icon Smadav di Windows. Lebih lengkapnya silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Berikut adalah cara mengaktifkan windows script host di Smadav.

  1. Klik kanan pada icon Smadav pada taskbar Windows yang ada di sebelah kanan.
  2. Lalu centang Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent) dengan cara klik pilihan tersebut.
  3. Klik OK untuk konfirmasi.
  4. Restart PC atau laptop anda untuk melihat perubahan.

Smadav yang saya gunakan di atas adalah versi terbaru 2020 yaitu 13.9. Mungkin ada perbedaan penyebutan menu pada langkah 2 pada setiap versinya. Dengan 2 cara di atas seharusnya error WSH sudah menghilang. Error ini juga akan terjadi ketika kita cek keaslian windows 10 melalui CMD. Karena fitur tersebut memanfaatkan WSH. Simak juga cara mengatasi disk 100% di Windows 10.

Mengapa windows script dinonaktifkan Smadav?

Ada beberapa virus komputer yang memanfaatkan WSH. Sehingga opsi ini bisa meningkatkan keamanan komputer. Namun sayangnya opsi ini malah mengakibatkan error pada beberapa aplikasi. Sebenarnya memang tidak banyak aplikasi yang memanfaatkan fitur ini. Tetapi bukan berarti tidak ada. Jika anda menggunakan aplikasi yang memerlukan fitur WSH maka silahkan mengaktifkan WSH. Karena hal tersebut sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Lihat juga cara menghapus chromium jika anda mengalami masalah tersebut. Baca juga cara masuk safe mode Windows 10.

Penutup

Mengaktifkan Windows Script Host pada Windows 10, 8 dan 7 tidaklah berbeda. Ketiga versi OS tersebut memiliki fitur Registry Editor yang bisa dimanfaatkan untuk hal ini. Biasanya hal yang membuat kita gagal mengaktifkan WSH adalah tidak adanya DWORD Enabled di regedit. Solusinya adalah dengan membuat sendiri DWORD tersebut sesuai penjelasan pada cara pertama.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar