Mengatur Teks Rata Kanan, Kiri, Tengah dan Justify di Word

Secara default, aplikasi Microsoft Word akan mengatur teks yang diketik menjadi rata kiri. Karena setiap baris di paragraf memiliki jumlah kata atau huruf yang berbeda, maka biasanya sisi kanan paragraf kurang rapi dan tidak sejajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus mengatur rata kanan kiri di word atau biasa dikenal dengan justify.

Sebagian besar persyaratan dokumen resmi mengajurkan untuk membuat perataan teks menjadi rata di sisi kanan kiri atau justify. Misalnya untuk pembuatan makalah, skripsi atau karya ilmiah lainnya. Namun adakalanya kita perlu mengatur teks rata tengah untuk keperluan judul atau lainnya.

Nah, pada tutorial belajar Microsoft Word ini kita akan membahas secara lengkap cara mengatur teks menjadi rata kiri, kanan, tengah dan justify dengan cara cepat maupun cara biasa.

Membuat Tulisan Rata Kanan Kiri di Word (Justify)

Justify adalah pengaturan perataan teks yang berfungsi untuk membuat atau mengubah tulisan rata kanan kiri pada Microsoft Word. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pengaturan ini sering dianjurkan dalam penulisan dokumen. Pengaturan justify akan menjadikan teks kita rata di kedua sisi.

Untuk mengatur justify di Word kita hanya perlu klik pada tombol Justify di pengaturan paragraph. Pengaturan cepat justify bisa dilakukan dengan tombol kombinasi keyboard CTRL+J. Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkahnya.

Berikut ini adalah cara membuat tulisan rata kanan kiri di MS Word melalui menu paragraph dan cara cepat.

  1. Sorot atau blok teks yang ingin diatur menjadi rata kanan kiri.
  2. Klik menu Home.
  3. Klik tombol Justify pada grup pengaturan Paragraph. Untuk cara cepat dengan menggunakan tombol cepat keyboard bisa menekan CTRL+J.
  4. Setelah itu teks atau paragraf akan rata di kedua sisi kanan dan kiri.
Pilihan rata kanan kiri di ms word

Terkadang hasil dari justify membuat spasi di paragraf tidak rapi atau terlalu renggang. Untuk mengatasi rata kanan kiri yang tidak rapi perlu dilakukan pengaturan spasi antar kata. Atur spacing menjadi Condensed lalu sesuaikan pengaturan pada bagian By. Untuk lebih jelasnya silahkan baca cara mengatur spasi antar kata di Word.

Mengatur Tulisan Rata Kiri di Word (Align Left)

Sadar atau tidak sadar dari awal ketika kita memulai menulis dokumen, ms word sudah secara otomatis mengaktifkan rata kiri sehingga apa yang kita tulis menjadi rata di sebelah kiri semua. Nah, jika sebelumnya kita mengatur perataan paragraf menjadi justify atau lainnya maka kita bisa mengembalikan ke kondisi semula yaitu rata kiri.

Berikut adalah cara mengatur tulisan rata kiri di word.

  1. Blok teks atau paragraf yang ingin diatur posisi paragrafnya menjadi rata kiri.
  2. Klik menu Home dan lihatlah pada grup Paragraph. Maka di sana ada 4 pengaturan perataan.
  3. Klik Align Left, untuk membuat paragraf kita rata kiri.
  4. Kita juga bisa menggunakan fungsi tombol cepat keyboard dengan menekan tombol Ctrl+L langsung setelah kita blok teks yang ingin diatur. Maka seketika itu paragraf kita akan berada pada posisi rata kiri.

Mengatur Teks Menjadi Rata Kanan di Word (Align Right)

Kebalikan dari rata kiri, kita juga bisa mengatur posisi paragraf agar menjadi rata kanan. Pengaturan rata kanan sering digunakan untuk menulis tanggal surat atau pada bagian tanda tangan dokumen.

Berikut adalah cara mengatur teks menjadi rata kanan di Microsoft Word (Align Right).

  1. Blok teks atau paragraf yang akan kita posisikan menjadi rata kanan.
  2. Pada tab Home seperti cara yang sebelumnya lihatlah ke dalam grup menu Paragraph.
  3. Klik Align Right agar paragraf kita rata kanan. Manfaatkan tombol keyboard untuk bisa mengatur rata kanan secara cepat dengan menekan tombol Ctrl+R. Sehingga paragraf akan langsung berada pada rata kanan semua.

Membuat Perataan Teks Menjadi Rata Tengah Pada Word

Rata tengah biasanya digunakan untuk menulis judul, quotes, dan beberapa kalimat atau paragraf yang ingin ditonjolkan oleh penulis. Tombol keyboard untuk membuat rata tengah adalah kombinasi CTRL+E.

Berikut adalah cara membuat perataan teks menjadi rata tengah pada Word.

  1. Blok teks/paragraf yang ingin dibuat menjadi rata tengah.
  2. Klik pada menu Home.
  3. Klik Center pada grup pengaturan Paragraph. Kita juga bisa menggunakan tombol cepat Ctrl+E pada keyboard untuk membuat teks rata tengah.

Kesimpulan

Pengaturan perataan paragraf adalah hal yang sangat penting agar tulisan terlihat lebih rapi. Dengan 4 pengaturan di atas, kita bisa menyesuaikan ingin menggunakan rata kiri, kanan, tengah atau rata di kedua sisi kanan dan kiri. Namun sebagian besar dokumen di Indonesia menggunakan perataan justify yaitu rata kanan kiri. Tentunya hal tersebut dimaksudkan agar terlihat lebih rapi di kedua sisinya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar