Ukuran Story Instagram

Story Instagram merupakan fitur Instagram yang memungkinkan kita untuk menampilkan foto dan video selama 24 jam. Umumnya fitur ini digunakan untuk mengupload kegiatan sehari-hari langsung dari kamera HP.

Jika konten langsung berasal dari kamera tentunya kita tidak perlu memikirkan ukuran foto atau video tersebut. Karena secara otomatis aplikasi akan menghasilkan foto dan video dengan ukuran yang tepat. Namun jika foto atau video berasal dari file di galeri tentunya kita harus mengetahui ukuran story Instagram yang pas agar konten kita tidak terpotong dan enak dilihat.

Sebenarnya aturan story Instagram sama dengan ukuran foto Instagram pada feed yaitu maksimal lebar gambar adalah 1080 pixel. Hanya saja ukuran tinggi dan aspek rasio yang berbeda. Pada feed kita bisa menggunakan ukuran landscape, square dan portrait. Namun pada Instastory sangat tidak disarankan untuk menggunakan foto landscape dan square. Karena akan ada banyak space kosong di atas dan bawah gambar story.

Berapa ukuran story instagram yang pas?

Ukuran story Instagram untuk Instastory foto dan video yang optimal adalah 1080 x 1920 pixel dengan aspek rasio 9:16. Durasi video dibatasi 15 detik untuk setiap IG story.

Infografik ukuran instastory

Ukuran Foto Story Instagram

Ukuran Instastory foto yang direkomendasikan adalah 1080 x 1920 pixel. Kita juga bisa menggunakan ukuran lain dengan aspek rasio 9:16. Misalnya 720 x 1280, 768 x 1366 atau 900 x 1600.

Dengan rasio 9:16 maka gambar akan tampil memenuhi layar tanpa ada space kosong. Namun jika kita tidak menggunakan aspek rasio tersebut maka akan ada 2 kemungkinan tampilan gambar. Pertama, gambar akan di crop dan di zoom sehingga gambar tidak tampil secara utuh. Kedua, gambar akan ditampilkan dengan resolusi aslinya namun ada space kosong di bagian atas dan bawah.

Format yang diperbolehkan adalah file JPG, JPEG dan PNG. Batas ukuran file tersebut adalah 30MB.

Ukuran Video Story Instagram

Ukuran Instastory video yang ideal adalah 1080 x 1920 pixel untuk kualitas video Full HD. Sedangkan untuk kualitas HD adalah 720 x 1280 pixel. Aspek rasio yang digunakan adalah 9:16.

Sebenarnya ukuran story IG foto dan video adalah sama. Keduanya harus menggunakan rasio 9:16 jika ingin gambar tampil full di layar. Namun pada video, kita juga harus memperhatikan aspek kecepatan internet user. Saat internet user lambat, membuka video dengan resolusi Full HD akan lebih berat dibandingkan HD. Oleh karena itu resolusi HD 720 x 1280 pixel sudah cukup untuk video instastory.

Format file video yang diperbolehkan adalah MP4 dan MOV. Sedangkan ukuran maksimal file video adalah 4GB. Lebih baik gunakan format video MP4 karena biasanya memiliki ukuran file yang lebih kecil dibanding MOV.

Bagi kalian yang ingin membuat story IG namun tidak bisa edit foto dan video maka bisa menggunakan template di aplikasi Android.

Aplikasi Template Story Instagram untuk Android

Saat ini ada banyak aplikasi Android yang menyediakan template instastory. Tentunya aplikasi tersebut lebih mudah digunakan dibanding membuat sendiri insta story sesuai ukuran yang pas. Nah, berikut ini 2 aplikasi yang sudah saya coba dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan.

1. StoryArt

Aplikasi StoryArt memiliki ribuan template instastory yang bisa digunakan secara gratis. Tidak hanya foto, kita juga bisa mengedit video untuk IG story dengan mudah. StoryArt juga masih aktif dikembangkan oleh developernya yaitu ryzenrise. Jadi, fitur baru akan selalu ditambahkan dan selalu uptodate sesuai perubahan peraturan Instagram. Silahkan install aplikasinya di Google Play.

2. StoryLab

Aplikasi StoryLab menyediakan ratusan tamplate yang mudah digunakan. Tentunya aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat story foto dan video. Yang paling menarik, StoryLab selalu mengikuti tren terkini. Sehingga template yang dihadirkan terasa selalu cocok untuk kebutuhan kita.

Penutup

Setelah mengetahui ukuran story instagram yang tepat maka kita dapat membuat foto atau video sesuai aturan. Tujuannya tentu agar foto kita tampil secara optimal tidak pecah, blur atau terpotong. Jika kita memiliki skill editing foto bisa memanfaatkan photoshop untuk membuat sendiri template. Ukuran canvas sesuai anjuran yaitu 1080 x 1920 pixel. Namun jika tidak bisa editing foto dan video bisa memanfaatkan aplikasi Android yang menyediakan ribuan template.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar