Ukuran Thumbnail YouTube Terbaru 2020 & Cara Membuatnya

Saat mengupload video di YouTube, thumbnail merupakan bagian yang cukup penting dan perlu dibuat semenarik mungkin. Hal ini dikarenakan thumbnail sangat berperan dalam menarik perhatian user untuk melihat video kita.

Apa Itu Thumbnail?

Thumbnail YouTube adalah gambar preview yang tampil berdampingan dengan judul video yang berupa link menuju video tersebut. Dapat dibilang bahwa thumbnail adalah gambar cover atau sampul dari sebuah video.

Thumbnail dapat kita temukan seluruh halaman YouTube. Bahkan saat pertama membuka aplikasi YouTube, kita akan disuguhkan berbagai thumbnail video beserta judulnya. Tidak hanya itu, fitur ini juga muncul saat kita share link video YouTube kita di sosial media dan aplikasi chat seperti Whatsapp, Telegram atau aplikasi lainnya.

Jika thumbnail tersebut bagus dan menarik tentunya kita penasaran dan ingin memutar video tersebut. Itulah mengapa kita harus membuatnya semenarik mungkin. Sebenarnya thumbnail dibuat secara otomatis oleh sistem YouTube saat upload video. Namun agar lebih menarik kita dapat melakukan custom dengan mengupload berupa gambar.

Ada beberapa syarat dalam membuat thumbnail berupa gambar. Syarat yang paling penting adalah ukurannya harus sesuai dengan rekomendasi resmi dari Google. Lalu berapa ukurannya?

Ukuran Thumbnail YouTube yang Benar

Ukuran thumbnail YouTube terbaru 2020 sesuai dengan resolusi yang direkomendasikan Google adalah 1280 x 720 px. Ukuran tersebut menggunakan rasio 16:9 yang sesuai dengan mayoritas ukuran layar HP saat ini. Sedangkan ukuran file atau file size dari thumbnail maksimal adalah 2 MB. Format gambar yang diperbolehkan adalah JPG, PNG, BMP dan GIF.

Rekomendasi ukuran thumbnail youtube dalam pixel

Setelah mengetahui ukurannya maka kita bisa buat thumbnail untuk video youtube kita dengan laptop ataupun HP. Untuk laptop ada banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai dan yang paling populer adalah Adobe Photoshop. Sedangkan untuk HP kita bisa menggunakan aplikasi seperti Canva.

Cara Membuat Thumbnail YouTube di Photoshop

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop.
  2. Buat kanvas baru dengan klik menu File lalu pilih New.
  3. Atur satuan pada Width dan Height menjadi Pixels.
  4. Masukkan nilai 1280 pada Width dan nilai 720 pada Height. Lalu klik OK. Maka kanvas akan dibuat dengan tampilan yang masih kosong.
  5. Masukkan background untuk thumbnail YouTube. Kita bisa menggunakan screenshot dari bagian video kita yang paling menarik sebagai background. Atau jika ingin menggunakan background lain maka anda dapat mencari gambar yang berukuran 1280 x 720 px.
  6. Edit sesuai dengan kebutuhan misalnya tambahkan teks yang keren dan menarik atau yang lainnya.
  7. Simpan gambar dengan klik File > Save as. Pilih format menjadi JPG lalu simpan.

Dalam membuat thumbnail tentunya sesuai dengan kreativitas masing-masing. Kita bisa menambahkan apapun dalam gambar tersebut.

Cara Memasang dan Mengganti Thumbnail YouTube

  1. Masuk ke YouTube Studio dengan akun anda.
  2. Klik pada menu Videos yang ada di sebelah kiri.
  3. Klik pada judul video yang ingin ditambahkan thumbnail. Maka kita akan dibawa ke pengaturan detail video pada tab Basic.
  4. Klik Upload thumbnail pada bagian Thumbnail.
  5. Pilih file gambar yang ingin digunakan.
  6. Klik Save untuk menyimpan perubahan.

Sebelum mengganti thumbnail pada video ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Google memiliki kebijakan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Jika gambar tersebut melanggar kebijakan maka fasilitas thumbnail untuk channel kita dapat dinonaktifkan.

Tips Dalam Membuat Thumbnail

  • Gambar tidak boleh mengandung ujaran kebencian, kekerasan, berbahasa atau hal negatif lainnya.
  • Buat secara menarik, bisa menggunakan teks yang berukuran besar dengan kata-kata yang menarik minat user untuk melihat video kita.
  • Gambar harus sesuai dengan isi video agar dipercaya viewer kita.
  • Pastikan ukuran sesuai dengan standar di atas.

Nah, setelah mengetahui ukuran thumbnail dan berbagai hal mulai dari membuat, memasang, edit atau menggantinya di YouTube maka diharapkan agar view video kita meningkat. Memang banyak sekali faktor yang mempengaruhi agar view video YouTube kita meningkat. Salah satunya adalah thumbnail tersebut.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar