0851 Kartu Apa? Berikut ini provider dengan nomor awal 0851

Informasi 0851 kartu apa dan provider mana yang mendukungnya sebenarnya sudah banyak tersedia. Namun, banyak orang yang masih kurang tahu bahkan salah paham dan mengira nomor dengan kode prefix ini berasal dari provider lain.

Sebenarnya kemiripan antara kode prefix provider satu dan provider lainnya sulit dihindari. Karena pilihan kode prefix yang terbatas di Indonesia. Namun, walaupun terlihat mirip pasti masih ada pembedanya. Karena kode prefix ini mustahil dibuat benar-benar sama.

0851 Kartu Apa ?

Jawabannya adalah kode prefix dari kartu As yang dikembangkan oleh provider Telkomsel. Setelah anda mengetahui provider dari kartu tersebut, tentunya anda tidak akan bertanya-tanya lagi bila ada yang melakukan panggilan telepon dengan kode prefix 0851 ini.

contoh nomor 0851 pada kartu sim

Karena, layanan Telkomsel sangat khas dengan awalan prefixnya yaitu 081 dan 082. Namun, ternyata provider ini juga memiliki layanan dengan kode prefix 085. Sebenarnya, bukan hal yang mengejutkan jika provider memiliki lebih dari kartu prefix.

Dalam kasus Telkomsel sendiri, memiliki 4-5 kode prefix yang digunakan. Walaupun, sekilas mirip dengan kode prefix yang dimiliki oleh provider lain. Namun, para pelanggan tidak perlu khawatir. Karena pasti akan ada pembedanya dalam kombinasi kodenya.

Baca juga: 0811 Kartu Apa?

Jumlah Digit Nomor Kode Prefix 0851

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kode prefix 0851 merupakan kode milik provider Telkomsel. Terutama, pada layanan kartu AS, kartu Halo, dan kartu Simpati. Ketiga layanan ini termasuk yang paling lama dikembangkan oleh Telkomsel.

Biasanya nomor ini memiliki digit nomor berjumlah 11 sampai dengan 12 digit. Hal ini tergantung dengan kombinasi kode area yang mengikuti kode prefix ini. Namun, memang biasanya jumlah yang paling sedikit adalah 11 dan yang paling banyak ada 12 digit.

Lihat juga: 0878 Kartu Apa?

Penyebab Ada Banyak Kode Prefix Telkomsel

Adanya banyak pilihan kode prefix dalam satu provider bukankah hal ini akan menyulitkan sistem komunikasi?. Ternyata, justru sebaliknya variasi kode prefix akan memudahkan Telkomsel dalam memberikan layanan komunikasi.

Tentu saja, pembuatan variasi kode prefix ini dilakukan karena ada sebab tertentunya. Agar para pelanggan tidak salah paham, berikut adalah beberapa penyebab mengapa ada banyak pilihan kode prefix yang disediakan oleh Telkomsel :

1. Pembeda Jenis Kartu

Seperti yang diketahui oleh para pelanggan provider Telkomsel, Telkomsel memiliki banyak jenis kartu dan layanan. Mulai dari kartu Telkomsel standar, kartu Halo, kartu As, Loop, Simpati, dan banyak jenis kartu lainnya.

Tidak mungkin jika setiap jenis kartu ini menggunakan kode prefix yang sama. Pasti membutuhkan pembeda tertentu dengan membuat pilihan kode prefix semakin banyak.

2. Membedakan Jenis Layanan yang Diberikan

Provider Telkomsel memberikan layanan prabayar dan pascabayar sesuai dengan jenis kartu yang diberikan. Untuk membedakan kedua jenis layanan yang diberikan ini, Telkomsel memberikan kode prefix yang berbeda.

Dengan begitu, begitu diaktivasi sistem bisa mengenali jenis layanan apa yang perlu diberikan. Hal ini bisa diidentifikasi dari kombinasi nomor dan kode prefix.

3. Promo dan Biaya yang Berlaku

Kode prefix yang berbeda juga membantu provider Telkomsel dalam menentukan promosi dan biaya yang berlaku pada nomor tersebut. Setiap jenis kartu dan layanan Telkomsel memiliki program promo dan biayanya sendiri.

Dengan kode prefix yang berbeda penetapan dan pemberlakuannya akan lebih mudah. Karena sistem bisa membedakan pemberlakuan layanan dengan mengidentifikasi nomornya.

Simak juga: 0819 Kartu Apa?

Kesimpulan

Mungkin banyak orang yang terkejut bahwa 0851 kartu apa ternyata berasal dari Telkomsel. Selain itu, tidak hanya 0851 saja ada pilihan kode prefix Telkomsel lainnya yang disesuaikan dengan layanan.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar