Cara Cek Nomor Internet IndiHome

Nomor Internet IndiHome merupakan ID pelanggan yang berupa 12 digit angka yang dimiliki oleh pengguna IndiHome. Nomor IndiHome tersebut sangatlah penting untuk diketahui karena selalu digunakan dalam setiap keperluan. Misalnya untuk membayar tagihan IndiHome, mendaftar paket tambahan, melakukan komplain ke Telkom atau bahkan melaporkan gangguan internet juga memerlukan nomor internet kita.

Sayangnya tidak jarang kita lupa dengan nomor pelanggan IndiHome kita sendiri. Hal ini tentunya mengakibatkan kita tidak bisa melakukan hal-hal di atas karena tidak bisa menyebutkan nomor tersebut.

Untuk mengecek nomor IndiHome setidaknya ada 6 cara yang bisa dilakukan. Kita bisa melihatnya pada fisik modem atau bukti pembayaran terdahulu, melalui halaman admin router, app myindihome dan bertanya pada akun sosial media resmi IndiHome atau call center 147.

Cek Nomor IndiHome melalui Fisik Modem

Untuk mempermudah pelanggan dalam mengetahui nomor internet mereka biasanya teknisi menulisnya di atas modem. Seperti contoh pada modem atau router saya terdapat sticker yang berisi nomor internet dan nomor telepon. Karena saya berlangganan paket Triple Play (Internet, Telepon dan UseeTV). Jadi silahkan lihat di bagian atas router atau modem anda.

Sticker berisi nomor internet indihome di modem

Namun jika ternyata tidak ada maka kita bisa melihatnya dengan cara lainnya. Simak juga tentang cara cek FUP IndiHome.

Melihat Nomor Indihome pada Bukti Pembayaran Tagihan

Pada bukti pembayaran tagihan bulan lalu pasti mencantumkan nomor IndiHome kita. Bukti pembayaran tersebut bisa berupa struk jika anda membayar melalui offline seperti indomaret, alfamaret, loket dan lainnya. Namun jika anda membayar secara online misalnya melalui e-commerce (Tokopedia, shopee, dan lainnya) maka anda bisa mengakses histori pembayaran dari akun anda.

ID pelanggan pada struk pembayaran indihome

Tetapi jika anda merupakan pengguna baru yang belum pernah melakukan pembayaran maka tidak bisa menggunakan cara ini. Ada cara lain yang bisa dicoba yaitu melalui halaman administrator router atau modem.

Cek Nomor Internet IndiHome melalui Halaman Admin Modem

Pada halaman pengaturan router atau modem kita terdapat informasi nomor IndiHome yang digunakan untuk konek ke jaringan. Nomor tersebut dapat kita lihat pada menu pengaturan WAN di setiap modem. Ada 2 modem yang paling banyak digunakan yaitu Huawei dan ZTE. Kita mulai dari Huawei terlebih dahulu.

Berikut adalah cara cek nomor indihome pada halaman administrator modem Huawei.

  1. Hubungkan laptop, PC atau HP pada WiFi IndiHome.
  2. Buka Google Chrome atau web browser lainnya.
  3. Buka halaman admin modem. Caranya adalah dengan mengetik http://192.168.100.1/ lalu tekan Enter.
  4. Masukkan username Account dan password anda untuk login admin lalu tekan Login.
  5. Klik menu WAN yang berada di menu atas.
  6. Klik pada nama koneksi yang tampil. Maka akan tampil Basic Information.
  7. Cek dan lihat nomor pada bagian User Name. Di sana akan tertulis xxxxx@telkom.net. Nomor internet IndiHome atau ID pelanggan adalah 12 digit nomor yang ada di depan @telkom.net.
Nomor indihome di halaman administrator modem huawei

Nah, bagi pengguna modem ZTE sebenarnya caranya hampir sama. Hal yang berbeda hanya pada letak menu WAN.

Berikut adalah cara melihat id pelanggan indihome di halaman administrator modem ZTE.

  1. Koneksikan PC, laptop atau HP ke WiFi IndiHome.
  2. Buka web browser seperti Google Chrome atau lainnya.
  3. Buka alamat http://192.168.1.1 lalu tekan Enter.
  4. Masukkan Username dan Password lalu klik Login.
  5. Klik menu Network > WAN > WAN Connection.
  6. Lalu pada Connection Name pilih koneksi yang mengandung kata ppp atau pppoe.
  7. Lalu akan tampil konfigurasi internet anda. Nomor IndiHome terdapat pada bagian Username tepatnya berupa 12 angka di depan @telkom.net.

Seharusnya kita sudah mendapatkan Nomor IndiHome dengan cara di atas. Kecuali jika kita tidak mengetahui username dan password untuk login admin modem. Biasanya teknisi memberi informasi username dan password saat pemasangan internet. Namun jika lupa coba lihat dibagian belakang modem. Di sana tertulis username dan password default untuk login ke administrator modem. Baca juga cara mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi indihome kita dengan mudah.

Mengetahui Nomor IndiHome melalui App myIndiHome

Sebelumnya anda harus mengunduh dan mendaftar pada aplikasi myIndiHome tersebut. Pada aplikasi ini kita akan mendapatkan informasi detail tentang layanan kita.

Berikut adalah cara mengetahui nomor IndiHome dari app myIndiHome.

  1. Buka aplikasi myIndiHome pada HP anda.
  2. Klik Login lalu masukkan nomor hp yang anda gunakan saat mendaftar di aplikasi tersebut.
  3. Setelah berhasil login, klik Lihat detail.
  4. Lalu klik Lihat detail lagi untuk mengakses Info Layanan.
  5. Nomor Internet akan muncul pada halaman Info Layanan tersebut beserta nama, alamat dan tanggal pemasangan.

Sebenarnya kita juga bisa mengakses myIndiHome dari website resmi IndiHome. Langkah-langkahnya juga sama seperti di atas.

Cek Nomor Pelanggan IndiHome melalui Sosial Media

Jika semua cara di atas tidak berhasil maka kita dapat bertanya ke customer services melalui sosial media resmi mereka. Jika anda menggunakan Facebook anda dapat menghubunginya melalui Facebook Page resminya di @IndiHome. Kirimkan pertanyaan anda melalui menu pesan.

Sedangkan jika anda pengguna Twitter dapat mention @IndiHome lalu tanyakan tentang masalah anda. Biasanya customer service akan merespon melalui DM.

Namun cara ini tergolong lambat karena kita harus menunggu customer service merespon pesan atau mention kita. Cara yang lebih cepat adalah dengan menelpon 147.

Cek ID Pelanggan IndiHome dari 147

Jika memang sangat mendesak maka sebaiknya telpon customer service melalui nomor layanan indihome 147. Jika anda menggunakan HP maka tambahkan kode area di depan 147. Misalnya anda berada di area surabaya 031 maka kita harus menelpon 031147.

Setelah tersambung maka kita akan diarahkan oleh penjawab otomatis. Selanjutnya kita dapat menekan tombol 1 untuk Bahasa Indonesia. Setelah itu tekan tombol 1 untuk menghubungi customer service. Lalu sampaikan masalah anda.

Penutup

Dari 6 cara di atas harusnya kita sudah bisa mengetahui nomor IndiHome kita sendiri. Meskipun sangat sederhana, masalah tidak tahu atau lupa dengan nomor id pelanggan ini dapat merepotkan kita jika tidak teratasi. Jika memang masih belum berhasil maka cara terakhir adalah mendatangi plasa telkom terdekat. Dengan demikian kita akan dibantu hingga berhasil.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar