Batas FUP IndiHome 2020 dan Cara Cek FUP/Kuota Terbaru

Meskipun unlimited, IndiHome memiliki batas FUP yang akan menurunkan kecepatan internet kita jika sudah melebih batas tersebut. Namun jangan khawatir, kecepatan internet tidak akan langsung menjadi sangat lambat. Karena Telkom menerapkan 2 batas FUP secara bertahap. FUP 1 akan menurunkan kecepatan menjadi 75% kemudian pada FUP 2 kecepatan internet akan menjadi 40%.

Apa itu FUP IndiHome?

FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy yaitu kebijakan batas pemakaian wajar yang diterapkan pada layanan internet unlimited. Batas tersebut berupa kuota yang jika melebihi kuota tersebut kecepatan internet akan diturunkan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Pengguna tetap dapat memakai internet tersebut namun dengan kecepatan yang lebih lambat.

Telkom menerapkan Batas FUP yang berbeda-beda pada masing-masing paket IndiHome.

Batas FUP IndiHome 2020

Paket IndiHomeBatas FUP 1Kecepatan FUP1Batas FUP 2Kecepatan FUP2
Internet 10Mbps300 GB7.5 Mbps (75%)400 GB4 Mbps (40%)
Internet 20Mbps500 GB15 Mbps (75%)800 GB8 Mbps (40%)
Internet 30Mbps700 GB22.5 Mbps (75%)1200 GB12 Mbps (40%)
Internet 40Mbps900 GB30Mbps (75%)1600 GB16Mbps (40%)
Internet 50Mbps1200 GB37.5Mbps (75%)2000 GB20Mbps (40%)
Internet 100Mbps2000 GB50Mbps (50%)

Dari semua paket di atas, yang berbeda hanyalah pada paket 100Mbps. Pada paket tersebut hanya ada FUP 1 yang akan diturunkan menjadi 50% jika melebihi FUP1. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu.

FUP IndiHome 10Mbps

Batas FUP untuk pengguna paket internet IndiHome 10 Mbps adalah 300 GB. Namun pada tahun 2020 Telkom memberi bonus 50GB sehingga batas FUP menjadi 350GB. Setelah mencapai 350GB maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 75% atau 7.5Mbps. Setelah itu jika pemakaian internet melebihi 400GB maka akan diturunkan kembali menjadi 40% atau 4Mbps.

FUP IndiHome 20Mbps

FUP untuk paket IndiHome 20 Mbps adalah 500 GB. Jika sudah melebihi 500GB maka speed internet akan diturunkan menjadi 15Mbps atau 75%. Setelah itu jika pemakaian internet mencapai 800GB maka akan diturunkan lagi menjadi 8Mbps atau 40%.

FUP IndiHome 30Mbps

Batas pemakaian wajar pada paket IndiHome dengan kecepatan 30Mbps adalah 700 GB. Setelah mencapai 700GB maka speed internet akan turun menjadi 22.5Mbps atau 75%. Lalu jika melebihi 1200GB maka akan diturunkan kembali menjadi 12Mbps.

FUP IndiHome 40Mbps

FUP untuk paket internet 40 Mbps adalah 900 GB. Setelah mencapai 900GB maka kecepatan internet akan turun menjadi 30Mbps. Lalu setelah mencapai 1600GB kecepatan akan diturunkan lagi menjadi 16Mbps.

FUP IndiHome 50Mbps

Batas FUP IndiHome 50 Mbps adalah 1200GB. Setelah melampaui 1200 GB maka kecepatan internet diturunkan menjadi 37.5Mbps. Kemudian setelah mencapai 2000GB maka kecepatan akan kembali diturunkan menjadi 20Mbps.

FUP IndiHome 100Mbps

Berbeda dengan paket lainnya, FUP untuk paket 100 Mbps adalah 2000GB. Setelah mencapai FUP maka kecepatan internet akan turun menjadi 50Mbps. Tidak ada FUP2 untuk paket ini. Jadi speed internet akan terus 50 Mbps setelah melebihi FUP tersebut.

Karena IndiHome menerapkan FUP pada semua paket internet maka kita harus menghemat kuota agar kecepatan tidak turun. Kita dapat melakukan cek FUP indihome yang kita gunakan secara berkala agar dapat mengontrol pemakaian internet.

Cara Cek FUP IndiHome Lewat HP

Untuk mengecek FUP IndiHome melalui HP Android atau iPhone kita bisa menggunakan aplikasi myIndiHome. Aplikasi tersebut dapat di unduh melalui Google Play Store.

Berikut ini adalah cara cek FUP IndiHome melalui myIndiHome di HP Android dan iPhone.

  1. Unduh aplikasi myIndiHome dari Google Play Store di sini untuk Android atau dari App Store di sini untuk iPhone.
  2. Daftar atau buat akun terlebih dahulu jika belum memiliki akun myIndiHome dengan menekan tombol Register.
  3. Setelah memiliki akun, login ke akun tersebut dengan tap tombol Login. Maka akan ada verifikasi OTP, masukkan nomor HP yang anda gunakan saat register. Tunggu SMS OTP lalu masukkan kode verifikasi OTP tersebut. Maka anda akan masuk ke tampilan akun myIndiHome anda.
  4. Tap titik 3 yang ada di pojok kanan atas kotak Internet.
  5. Pilih Lihat Penggunaan. Maka akan tampil Penggunaan Internet anda dari tanggal 1 hingga sekarang. Silahkan cocokkan dengan informasi batas FUP di atas. Sekarang anda bisa menentukan apakah internet anda sudah melebihi FUP atau belum.
  6. Tap tombol silang untuk menutup informasi Penggunaan Internet.
Tampilan aplikasi myindihome di android

Sayangnya pada versi aplikasi myIndiHome saat artikel ini dibuat tidak ada informasi batas FUP. Padahal sebelumnya informasi batas FUP ada pada menu di atas. Nah, jika ingin lebih lengkap kita bisa membuka myIndiHome versi website.

Jika anda merasa tidak terlalu banyak menggunakan internet sebaiknya coba cek pemakai wifi anda. Mungkin ada pengguna yang tidak memakai WiFi tanpa izin. Silahkan lihat pada tulisan saya tentang cara mengetahui pengguna wifi IndiHome.

Cara Cek Kuota atau FUP IndiHome Melalui Website Resmi

Berbeda dengan versi aplikasinya, Website myIndiHome memiliki informasi batas FUP yang lebih jelas. Sebenarnya caranya sama dengan di atas namun kita mengaksesnya melalui website.

Berikut adalah cara cek FUP atau kuota IndiHome lewat website resmi di laptop, PC atau HP.

  1. Buka website resmi IndiHome di indihome.co.id.
  2. Buat akun baru atau daftar jika belum memiliki akun myIndiHome. Caranya adalah dengan klik Daftar Akun. Lalu ikuti proses pendaftaran hingga selesai.
  3. Login ke myIndiHome dengan klik tombol Masuk pada pojok kanan atas. Lalu masukkan nomor HP atau email anda kemudian klik Login. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP anda. Maka anda akan langsung login.
  4. Klik Lihat Detail pada bagian kanan kotak Layanan yang anda miliki.
  5. Klik Lihat Penggunaan pada bagian Internet. Maka akan tampil pemakaian IndiHome selama bulan ini. Di sana juga terdapat infomasi batas FUP untuk paket internet anda.
Status pemakaian dan batas fup indihome

Kebijakan FUP IndiHome dapat berubah setiap saat. Terkadang kita sudah melebihi FUP padahal penggunaan internet kita belum mencapai batas yang tertera di atas. Hal ini biasanya dikarenakan kebijakan FUP yang diubah atau diturunkan oleh Telkom. Nah, jika kita ingin mengetahui status FUP paket internet kita yang lebih akurat maka sebaiknya hubungi customer service.

Customer service dapat dihubungi melalui Fanspage Facebook, Twitter dan juga telepon ke 147. Jika ingin menghubungi melalui Facebook maka silahkan cari akun resmi IndiHome. Lalu tanyakan status FUP anda melalui chat. Sedangkan jika melalui Twitter, anda dapat mention twit ke akun resmi IndiHome. Lalu tanyakan status FUP anda.

Customer service pada Facebook fanspage dan twitter terkadang lambat. Jika ingin lebih cepat maka silahkan telepon 147 lalu tanyakan status FUP internet anda. Simak juga cara mengganti password WiFi IndiHome dengan mudah.

Kapan fup indihome di reset?

IndiHome akan mereset FUP pada tanggal 1 setiap bulannya secara otomatis. Kecepatan internet akan kembali seperti semula tanpa perlu melakukan tindakan apapun.

Penutup

Nah, itulah informasi lengkap tentang FUP IndiHome mulai dari batas kuota pada masing-masing paket, cara mengecek FUP hingga informasi tentang reset FUP. Karena Telkom sering mengubah kebijakan maka sebaiknya hubungi Customer Service melalui akun Twitter atau halaman Facebook resmi IndiHome saat mengalami kendala.

Kita juga bisa menanyakan status FUP IndiHome kita dengan mengirimkan mention ke akun Twitter resmi mereka di @IndiHome. Sedangkan untuk alamat halaman Facebook resminya di @IndiHome. Namun jika sangat penting dan butuh balasan cepat maka sebaiknya hubungi 147.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar