Cara Hapus Akun Telegram

Adakalanya kita ingin menghapus akun telegram dikarenakan beberapa hal. Misalnya ingin pindah ke aplikasi chat lain, ingin ganti nomor, ingin membuat akun telegram baru atau hal-hal lainnya. Sebenarnya account telegram akan terhapus secara otomatis jika kita tidak aktif selama 6 bulan.

Namun agar lebih aman dan tidak disalahgunakan oleh orang lain maka kita perlu delete akun telegram tersebut secara langsung. Sehingga tidak perlu menunggu beberapa bulan agar akun tersebut terhapus permanen.

Pada aplikasi Telegram di HP Android atau iPhone kita tidak akan menemukan menu untuk menghapus account secara langsung. Opsi yang tersedia hanyalah pengaturan penghapusan akun secara otomatis jika tidak aktif dalam waktu tertentu. Namun Telegram telah menyediakan halaman website untuk menghapus Telegram secara langsung.

Nah, pada tutorial ini kita akan membahas 2 opsi di atas baik itu hapus akun telegram secara langsung melalui website telegram dan juga melalui pengaturan di aplikasi telegram.

Menghapus Akun Telegram Permanen Secara Langsung

Cara ini sangat cocok jika kita ingin hapus Telegram permanen secara langsung tanpa menunggu beberapa bulan nonaktif. Kita hanya perlu membuka halaman khusus untuk delete akun yang disediakan resmi oleh Telegram. Link hapus akun telegram adalah pada alamat https://my.telegram.org/auth?to=deactivate.

Samua chat, kontak, grup dan konten yang ada di telegram kita akan terhapus permanen. Jadi kita tidak akan bisa mengembalikan akun tersebut setelah menghapusnya.

Berikut adalah cara hapus akun telegram permanen secara langsung di HP, laptop atau PC.

  1. Buka web browser seperti Google Chrome atau firefox di HP Android, iPhone, laptop atau PC.
  2. Buka link hapus akun telegram resmi di sini.
  3. Masukkan nomor telegram yang ingin di delete. Lalu klik Next. Maka kode konfirmasi akan dikirim ke aplikasi telegram.
  4. Masukkan kode konfirmasi yang telah dikirim pada aplikasi telegram pada halaman website. Lalu klik Sign In. Maka akan tampil halaman konfirmasi untuk hapus akun.
  5. Ketik alasan mengapa menghapus telegram pada kolom Why are you leaving? lalu klik Delete My Account. Isi alasannya sesuai dengan keinginan anda baik dalam bahasa Indonesia atau English. Alasan tersebut tidak mempengaruhi proses. Setelah itu akan muncul tampilan Are You Sure?.
  6. Pilih Yes, delete my account. Maka akan tampil konfirmasi bahwa account sudah terhapus. Setelah itu secara otomatis kita akan logout dari aplikasi telegram.
Tampilan halaman web untuk hapus akun telegram

Setelah melakukan langkah di atas maka akun Telegram telah deactivate. Jika kita masuk lagi ke telegram dengan nomor tersebut maka seperti membuat akun baru lagi. Semua konten akan hilang, nama, id atau username akan hilang. Dengan demikian, semua data kita aman dan tidak perlu khawatir digunakan orang lain. Simak juga cara anonymous chat Telegram terbaru.

Delete Akun Telegram Otomatis dari HP

Jika kita ingin delete akun secara otomatis maka tidak perlu menggunakan link pada cara pertama. Aplikasi Telegram di Android atau iPhone dapat di atur agar menghapus akun jika tidak digunakan dalam batas waktu tertentu. Kita dapat memilih batas waktu tersebut 1 bulan hingga 1 tahun.

Berikut adalah cara delete akun telegram otomatis dari Android atau iPhone.

  1. Tap tombol menu yang ada di pojok kanan atas.
  2. Lalu tap menu Pengaturan.
  3. Tap Privasi dan Keamanan.
  4. Scroll ke bawah lalu pada bagian Hapus akun saya terdapat pengaturan Jika berjarak. Pilih batas waktu penghapusan akun otomatis dalam berapa bulan. Kita bisa memilih 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.
  5. Tap tombol Back pada pojok kiri atas.
  6. Tap pada tombol titik tiga di pojok kanan atas.
  7. Lalu pilih Logout. Lalu tap Keluar. Lalu akan muncul konfirmasi untuk Logout. Tap Logout.
Opsi hapus akun di aplikasi telegram

Setelah itu secara otomatis account telegram akan terhapus dalam waktu yang telah dipilih pada langkah di atas. Jika kita kembali lagi login namun belum melebihi batas waktu tersebut maka akun tidak akan terhapus. Penghitungan juga akan direset sehingga kita akan menunggu dalam waktu tersebut kembali. Lihat juga pengertian apa itu mutualan telegram dan juga caranya.

Penutup

Jika kita ingin cepat hapus akun telegram saat itu juga maka cara pertama yang harus digunakan. Namun jika kita masih ragu ingin menghapus dan ada kemungkinan untuk kembali menggunakan akun tersebut sebaiknya gunakan cara kedua. Namun sebenarnya cara kedua tidak akan menonaktifkan akun tersebut selama belum melebihi batas waktu yang kita tentukan.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar