Cara Main RP di Telegram

Sebenarnya main RP tidak hanya bisa dilakukan di Telegram saja tetapi juga bisa di aplikasi chatting atau sosial media lainnya. Seperti WA, twitter, IG dan lainnya. Namun kali ini kita hanya akan membahas RP di telegram. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang apa sih RP itu, maka mari kita bahas terlebih dahulu pengertian RP.

Apa itu RP di Telegram?

RP merupakan singkatan dari RolePlayer artinya adalah bermain peran yaitu memainkan peran sebagai artis, idol atau tokoh terkenal yang disukai melalui aplikasi Telegram. Umumnya artis atau idol yang diperankan adalah artis Kpop. Namun tidak sedikit juga yang memerankan artis lain yang disukai.

Tujuan bermain RP sebenarnya tergantung dari pemain RP tersebut. Namun umumnya kita bermain adalah hanya untuk bersenang-senang dan mendapatkan teman baru tanpa harus menampilkan identitas asli kita.

Cara Main RP di Telegram Buat Pemula

Untuk bermain RP di Telegram maka kita harus membuat akun telegram dengan nama artis yang akan diperankan. Misalnya jika kita ingin RP sebagai Jisoo di Telegram, maka kita harus membuat akun telegram dengan nama Jisoo. Setelah itu kita bisa mencari teman sesama akun RP dengan berbagai cara misalnya mengikuti grup/channel RP promote, bot anonymous RP dan lainnya. Setelah mendapatkan teman, kita bisa chatting seperti biasa dengan sesama pemain RP.

Nah, selama menggunakan akun tersebut kita harus memperkenalkan diri sebagai artis yang kita perankan. Kita tidak boleh mengungkapkan identitas asli kita saat menggunakan akun tersebut karena itulah aturan main utama dalam RP. Bingung? Langsung saja ikuti langkah-langkahnya.

Berikut ini adalah cara bermain rp telegram untuk pemula.

  1. Tentukan artis atau idol yang ingin diperankan.
  2. Buat akun Telegram baru dengan nama idol atau artis tersebut.
  3. Ubah username ID dan bio sesuai dengan keinginan namun tetap berhubungan dengan yang diperankan. Saat ini sedang trend bio aesthetic yaitu bio yang membahas tentang keindahan.
  4. Pasang foto profil artis tersebut untuk melengkapi profil akun kamu. Nah, akun RP sudah siap digunakan. Selanjutnya kita bisa mencari teman sesama anak RP dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah melalui RolePlay Promote.
  5. Tekan tombol pencarian yang berada di pojok kanan atas. Lalu cari RolePlay Promote. Maka akan tampil banyak channel yang bisa diikuti.
  6. Pilih salah satu channel tersebut lalu join ke channel tersebut dengan menekan tombol JOIN CHANNEL. Maka kita akan bergabung ke channel tersebut. Di dalam channel tersebut ada banyak chatting yang berisi ID atau username dari akun RP lain yang sedang mencari teman.
  7. Pilih teman yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Biasanya ada keterangan Need fambest yang artinya sedang butuh family (keluarga) atau bestie (sahabat). Ada juga Need cp yang artinya sedang butuh couple (pasangan). Lalu undang atau add ID akun tersebut ke kontak telegram kamu.
  8. Setelah itu chat teman baru kamu seperti chatting biasa. Namun di sini kita harus memperkenalkan diri sebagai artis yang sedang kita perankan. Hal yang sedikit berbeda adalah pemain RP biasanya menggunakan tanda imagine yang menggambarkan kegiatan. Imagine diawali dengan tanda garis miring (/). Misalnya sedang membaca buku maka ditulis /membaca buku.
Tampilan channel roleplay promote dan chat rp telegram

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan di RP. Seperti bergabung dengan grup RP untuk ngobrol bareng, saling curhat, membuat channel lalu melakukan SFS (subscribe for subscribe), mengirim pesan rahasia melalui confes dan sebagainya. Tentunya sesuai dengan kreatifitas kita dalam menggunakan akun RP tersebut. Sehingga kita tidak membahasnya lebih jauh lagi. Lihat juga cara anonymous chat telegram untuk mencari teman jika menggunakan akun rl.

Peraturan dalam Main RP

Peraturan utama dalam main RP adalah tidak boleh mengungkapkan identitas asli selama menggunakan akun tersebut. Jika melanggar aturan ini selama chatting dengan sesama anak RP biasanya kita akan dianggap tidak paham dengan RP dan tidak jarang kita akan di block pemain RP tersebut. Simak juga bot nulis telegram untuk menulis teks ke tampilan buku otomatis.

Agar lebih mengenal tentang RolePlay maka kita juga perlu mengetahui istilah-istilah yang ada pada RP.

Istilah-Istilah RP Telegram

  • RL merupakan singkatan dari Real Life yaitu kehidupan asli atau identitas asli. Ini adalah lawan dari istilah RP.
  • Fambest adalah Family (keluarga) dan bestie (sahabat).
  • Cp yaitu couple atau pasangan.
  • Chara adalah karakter yaitu artis atau idol yang diperankan.
  • Sq adalah squad.
  • Gc yaitu group chat.
  • Ch artinya channel.
  • Lpm yaitu lapak untuk promote.
  • SFS artinya adalah subs for subs yaitu saling subscribe antar channel Telegram.
  • PFP adalah Promote for Promote channel. Digunakan untuk saling promote channel.
  • Fotbar artinya adalah foto bareng. Kita bisa edit foto chara kita bareng dengan chara teman lalu ditambahkan tulisan nama di foto tersebut.
  • Menfess yaitu pesan rahasia.
  • NC artinya Need couple yaitu butuh pasangan.
  • NCC artinya No Need couple yaitu tidak butuh pasangan.
  • Hiatus artinya istirahat dari RP sementara.
  • Deak artinya deactivate yaitu menghapus akun. Untuk melakukan deak silahkan lihat pada artikel cara hapus akun telegram.

Penutup

Intinya main RP sebenarnya kita mencari teman dan chatting seperti biasa dengan orang lain sesama anak RP. Hanya saja kita menggunakan nama artis atau idol yang kita sukai tanpa mengungkapkan identitas asli kita. Jadi saat bermain RP kita tidak perlu terlalu baper karena teman kita menggunakan identitas idolanya.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar