Cara Mengisi Tempat Tanggal Lahir dan Ijazah di SSCN 2021

Pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan secara online melalui website resmi SSCN 2021. Di sana kita harus mengisikan data-data kita seperti KTP, ijazah dan lainnya. Tidak sedikit peserta mengalami kebingungan dalam mengisi data tersebut. Misalnya saja pada bagian Biodata, di sana terdapat kolom isian Tempat Lahir Ijazah yang terkadang susah atau membingungkan dalam pengisiannya. Ada juga kolom isian tanggal lahir dan tanggal ijazah yang terkadang tertukar saat mengisinya.

Sebenarnya jika kita membaca secara lengkap keterangan yang ada pada kolom-kolom isian maka kita akan mengetahui data yang harus dimasukkan. Ada 3 masalah yang sering dialami oleh peserta. Pertama adalah saat mengisi tempat lahir sesuai ijazah nama kota tidak tampil atau tidak ada pilihan kota tersebut. Kedua adalah pengisian tanggal lahir ijazah pada biodata dan tanggal ijazah pada menu Formasi yang sering tertukar. Ketiga adalah tidak mengetahui di mana keterangan tanggal ijazah pada lembar ijazah peserta.

Apakah anda mengalami salah satu diantara 3 masalah tersebut?

Nah, pada artikel ini saya akan membagikan solusi dari 3 masalah tersebut dengan langkah yang jelas. Mari kita mulai dari pengisian tempat lahir kab/kota sesuai ijazah dan tanggal lahir ijazah pada halaman Biodata.

Cara Mengisi Tanggal Lahir dan Tempat Lahir sesuai Ijazah di SSCN 2021

  1. Buka internet browser seperti Google Chrome di laptop atau HP.
  2. Buka alamat website resmi pendaftaran CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id.
  3. Klik Buat akun jika belum membuat akun lalu isikan semua data KTP dan KK anda, namun jika sudah membuat akun maka silahkan login dengan NIK dan password anda. Maka anda akan diarahkan ke halaman Biodata.
  4. Pada kolom Kabupaten/Kota Lahir (Sesuai dengan Ijazah) atau pada kolom Tempat Lahir Ijazah cukup ketikkan huruf awalan nama kabupaten/kota kelahiran kita, tidak usah mengisinya dengan lengkap melainkan ketik tiga atau empat huruf awalan nama kotanya. Contoh nama kotanya SURABAYA, maka cukup ketikkan SUR atau SURA maka otomatis nama kota SURABAYA akan muncul tepat di bawah kolom pengisian.
  5. Setelah nama kota muncul, klik nama kota tersebut sehingga kolom pengisian akan langsung terisi.
  6. Pada bagian Tanggal Lahir [Sesuai dengan Ijazah], isikan tanggal lahir anda dengan format tanggal-bulan-tahun, namun biasanya data tersebut sudah terisi secara otomatis.
  7. Lengkapi pengisian data pada kolom-kolom yang lainnya.
Kolom pengisian tempat dan tanggal lahir sscn

Pada kolom pengisian tempat lahir sesuai ijazah menerapkan auto fill. Artinya kolom menampilkan pilihan-pilihan nama kota secara otomatis ketika kita mengetik huruf awalan nama kota/kabupaten. Setelah tampil nama kota yang akan dipilih maka kita hanya perlu klik pada nama kota tersebut tanpa perlu mengisinya secara lengkap. Banyak yang kesulitan mengisi data tersebut dikarenakan belum mengerti sistem pengisian data pada website sscn.

Sedangkan pada kolom tanggal lahir sesuai ijazah biasanya akan otomatis saat kita mendaftar dengan KTP dan KK. Hal ini dikarenakan sistem SSCN sudah terintegrasi dengan data kependudukan. Format pengisian tanggal lahir di sana adalah dd-mm-yyyy atau tanggal-bulan-tahun. Format tersebut tentunya berbeda dengan format tanggal lahir di ijazah kita. Namun kita tidak perlu mengubahnya sesuai format ijazah karena yang berbeda hanyalah format pengisian saja sedangkan data inti yang dikirim sama.

Bagaimana Jika Tempat Lahir di Ijazah Tertulis Nama Desa dan Bukan Kabupaten Kota?

Jika tempat lahir ijazah tertulis nama desa atau kecamatan maka tetap isikan nama kabupaten atau kota pada SSCN. Karena permintaan data pada SSCN adalah nama kabupaten/kota.

Bagaimana Jika Tempat Lahir Tidak Ada di SSCN atau Tidak Muncul?

Jika kabupaten/kota tidak muncul atau tidak ada di pilihan SSCN maka jangan ketik semua hurufnya. Ketik hanya 3 huruf ata 4 huruf awal dari kota tersebut. Maka secara otomatis nama kabupaten/kota tersebut akan muncul dan bisa dipilih.

Bagaimana Jika Format Penulisan Tanggal di Ijazah Tidak bisa Diubah?

Tanggal lahir ijazah diisi otomatis oleh sistem. Format yang digunakan adalah dd-mm-yyyy. Jadi format tersebut berbeda dengan format penulisan di ijazah. Namun inti dari data tersebut sama sehingga kita tidak perlu mengubahnya. Jangan khawatir! Hal ini tidak akan menggagalkan kita saat mendaftar CPNS.

Simak juga: Cara Cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2021.

Nah, 2 masalah sudah ada solusinya. Selanjutnya kita akan membahas masalah ketiga tentang tanggal ijazah dan di mana lokasinya pada ijazah.

Cara Mengisi Tanggal Ijazah di SSCN 2021

Pada halaman Formasi kita akan diminta memasukkan tanggal ijazah. Tanggal yang dimaksud adalah tanggal diberikannya atau ditandatanganinya ijazah kita. Tanggal tersebut dapat ditemukan di atas tanda tangan atau pada bagian yang bertuliskan “Diberikan di …”. Untuk mengisi tanggal ijazah di SSCN 2021, berikut langkah-langkahnya:

  1. Login pada website sscasn.
  2. Isi semua data pada halaman Biodata dan juga pada halaman Jenis Seleksi maka kita akan dibawa ke halaman Formasi.
  3. Pilih Jenis Seleksi, Instansi dan juga Formasi. Lalu klik Pilih.
  4. Klik pada kolom Tanggal Ijazah maka akan tampil tampilan tanggal bulan dan tahun seperti kalender.
  5. Klik pada tahun lalu pilih tahun ijazah anda.
  6. Geser kanan atau kiri untuk memilih bulan.
  7. Pilih tanggal pada tampilan tersebut.
  8. Lalu isi semua data lainnya.
Tampilan halaman formasi sscn

Dimana letak Tanggal Ijazah S1, D3 dan SMA?

Tanggal ijazah s1 umumnya terletak di bagian kalimat “diberikan di …” sebelum tanda tangan. Sedangkan pada ijazah D3 dan SMA umumnya terletak di atas tanda tangan beserta nama kotanya. Namun setiap universitas dan sekolah memiliki desain dan format yang berbeda. Sehingga letak tanggal ijazah juga berbeda-beda.

Kesimpulan

Pengisian data pada SSCN sebenarnya sudah ada petunjuknya pada setiap kolom. Kita hanya perlu melihat secara cermat pada label-label tersebut. Intinya, pada bagian Biodata membutuhkan tanggal lahir sesuai ijazah. Sedangkan pada bagian Formasi membutuhkan tanggal ijazah yaitu tanggal diberikannya ijazah tersebut.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar