Cara VN di Telegram

VN di telegram merupakan fitur yang sudah ada sejak tahun 2016. Sesuai dengan namanya, voice note memungkinkan kita untuk mengirim pesan singkat berupa suara kepada teman chatting kita. VN sangat berguna untuk menggantikan chatting berupa teks ketika kita malas mengetik atau saat berada di kondisi susah mengetik. Dengan begitu kita tetap bisa membalas chat meskipun tidak berupa teks. Tidak hanya itu, terkadang VN juga juga bisa memperjelas maksud dari pesan kita dengan nada bicara kita.

Cara VN di Telegram sebenarnya sangat mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol mic pada Telegram. Seperti aplikasi chatting dan messenger lainnya, tombol mic berada di bagian bawah dekat dengan kolom teks. Pada aplikasi Telegram tombol mic terletak di pojok kanan bawah. Namun tombol tersebut terkadang tersembunyi, yang tampil hanya tombol kamera untuk mengirim video.

Sebenarnya tombol yang berada di sudut kanan bawah tersebut memang memiliki 2 fungsi. Yaitu untuk mengirim voice atau mengirim video. Untuk mengganti antara voice dan video kita hanya perlu tap pada tombol tersebut. Maka tombol yang awalnya kamera berubah menjadi tombol mic. Untuk lebih jelasnya simak langkahnya di bawah ini.

Berikut ini adalah cara mengirim voice note di Telegram.

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Kemudian, buka chat anda.
  3. Lihat di pojok kanan bawah. Pastikan ada tombol VN berbentuk mic di sana. Jika tidak ada tombol mic tetapi ada tombol kamera yang seperti logo Instagram maka tap tombol kamera itu satu kali. Maka tombol akan berubah menjadi mic.
  4. Tap lalu tahan pada tombol mic tersebut. Kemudian mulailah berbicara.
  5. Lepaskan tombol mic jika sudah selesai bicara.
  6. Setelah itu, secara otomatis Telegram mengirim VN tersebut ke teman chatting anda.
Langkah mengirim voice note di Telegram

Sesuai dengan penjelasan di awal bahwa tombol video dan voice berada di satu tombol. Keduanya bisa diganti-ganti hanya dengan tap 1 kali. Untuk pengguna baru, tentu hal ini cukup membingungkan. Karena kita tidak akan menemukan tombol mic untuk mengirim VN.

Nah setelah mengetahui hal ini, sangat mudah bukan untuk mengirim VN. Kita juga bisa mengirimkannya saat mutualan di Telegram. Mungkin di antara kita masih belum memahami tentang VN dan juga perbedanya dengan voice call.

Apa itu VN?

VN adalah singkatan dari Voice Note yaitu pesan singkat yang berbentuk suara yang dikirim saat melakukan chatting. Seperti yang kita ketahui bahwa chatting biasanya berbentuk teks. Namun dengan adanya fitur VN ini kita tidak hanya bisa mengirim teks saja tetapi juga suara. Tentunya pesan suara tersebut bisa langsung di putar pada aplikasi chatting tersebut.

Saat ini hampir semua aplikasi chatting dan messenger memiliki fitur VN. Bahkan tidak hanya suara, sekarang kita juga bisa mengirim pesan video. Namun sayang sekali VN tidak bisa dikirim saat melakukan anonymous chat telegram. Lalu apa sebenarnya perbedaannya dengan voice call?

Perbedaan Voice Note dan Voice Call

Voice note dibuat khusus untuk mengirim pesan. Artinya penerima bisa membuka dan memutar pesan tersebut kapanpun sesuai keinginan penerima. Berbeda dengan voice call yang didesain untuk melakukan panggilan suara. Penerima harus mengangkat panggilan saat itu juga jika ingin mendengarkan kita. Itu adalah perbedaan utama.

Selain perbedaan utama di atas, inilah perbedaan antara voice note dan voice call lainnya:

  • Voice Note biasanya berupa pesan singkat sedangkan voice call biasanya memiliki durasi yang lebih panjang.
  • Voice Note dapat diputar berulang-ulang sedangkan voice call tidak bisa diputar berulang-ulang kecuali sudah direkam.

VN di telegram memang bukan fitur baru yang dirilis oleh pengembangnya. Namun karena letak tombolnya yang tersembunyi mengakibatkan banyak yang belum mengetahuinya.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar