Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

Selain flashdisk write protected dan flashdisk tidak terbaca ada satu lagi masalah yang sering terjadi pada flashdisk yaitu selalu minta format. Masalah ini tentunya sangat mengganggu kita karena tidak bisa mengakses data yang ada didalamnya. Tidak hanya itu, jika kita format FD sesuai anjuran yang tampil maka data didalamnya akan hilang. Di lain sisi jika tidak diformat kita tetap tidak bisa membuka file didalamnya dan FD tidak bisa digunakan.

Lalu apa solusinya agar data pada flashdisk selamat?

Pada tutorial ini saya akan share 2 cara mengatasi flashdisk minta format yaitu menggunakan CMD dan menggunakan software partisi. Tentunya kedua cara tersebut bertujuan agar flashdisk dapat digunakan kembali dan data di dalamnya tidak terhapus. Kita bisa mencoba cara pertama terlebih dahulu untuk kasus flashdisk yang tidak terlalu parah.

Menggunakan CMD

Cara ini memanfaatkan fitur chkdsk pada command prompt. Dengan chkdsk kita akan melakukan scanning pada flashdisk lalu memperbaiki masalah hasil dari proses scan tersebut.

Berikut ini adalah cara memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa menghilangkan data.

  1. Hubungkan flashdisk pada laptop atau komputer.
  2. Lihat di drive mana flashdisk yang minta format tersebut berada. Anda bisa melihatnya melalui file explorer atau my computer. Misalnya pada contoh ini FD saya berada di drive M.
    Tampilan flashdisk minta format
  3. Buka Run dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  4. Ketik cmd lalu tekan Enter untuk membuka Command Prompt.
  5. Ketik chkdsk M: /r lalu Enter untuk memperbaiki flashdisk. Ingat, ganti M dengan lokasi drive FD anda!
    Perintah cmd chkdsk
  6. Tunggu hingga proses cek dan repair selesai. Saat ada pertanyaan Convert lost chains to files? Ketik y lalu tekan Enter. Maka proses akan berlanjut.
  7. Buka file explorer atau my computer saat proses selesai. Seharusnya flashdisk sudah bisa dibuka dan file tidak hilang.

Jika masalah pada flashdisk kita tidak terlalu parah maka dengan 7 langkah di atas sudah bisa mengatasi ini. Namun jika masih minta format berarti partisi pada FD tersebut sudah benar-benar hilang. Kebanyakan yang masih error akan mendapatkan pesan error The type of the file system is RAW setelah mengetikkan chkdsk M: /r (langkah 5). RAW menandakan bahwa partisi sudah hilang.

Nah untuk mengatasi masalah di atas, kita bisa mencoba untuk recovery partisi pada flashdisk tersebut dengan software recovery yaitu EaseUS.

Menggunakan EaseUS Data Recovery

Software EaseUS memiliki kemampuan yang bisa diandalkan untuk mengembalikan data yang hilang. Pada cara kedua ini kita akan mencoba mengembalikan data pada flashdisk kemudian menyimpannya pada hardisk. Dengan demikian data kita aman dan flashdisk bisa diformat sesuka kita.

Berikut adalah cara memperbaiki flashdisk minta format dengan EaseUS Data Recovery.

  1. Tancapkan flashdisk pada komputer atau laptop.
  2. Unduh EaseUS Data Recovery lalu install pada laptop atau komputer.
  3. Buka software EaseUS yang telah diinstall. Saya menggunakan EaseUS versi 13.5 jadi mungkin tampilan dan menu berbeda disetiap versinya.
  4. Pilih partisi flashdisk yang minta format. Biasanya ditandai dengan tulisan USB. Lalu klik Scan. Tunggu hingga proses selesai pada bagian Deep Scan result di layar sebelah kiri.
    Partisi flashdisk yang minta format di easeus
  5. Centang semua file atau folder yang ingin direcovery atau dikembalikan.
  6. Klik tombol Recover lalu pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut. Anda bisa menyimpannya di My Documents atau folder lain. Lalu klik OK. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Cek semua file yang telah berhasil diselamatkan. Jika sudah aman anda bisa format flashdisk tersebut.
  8. Tutup software EaseUS. Lalu format flashdisk seperti biasa atau dengan low level format.

Simak juga cara mengatasi SD card tidak bisa diformat jika anda mengalami hal tersebut.

Setelah berhasil melakukan format maka kita bisa kembali menggunakan FD tersebut. File yang telah disimpan dari hasil recovery bisa kita copy kembali ke flashdisk. Namun kita harus lebih berhati-hati dan berusaha menghindari penyebab dari masalah ini. Lalu kenapa flashdisk minta format terus menerus?

Penyebab flashdisk minta format:

  • Mencabut flashdisk saat proses write ke flashdisk sedang berjalan. Proses write tersebut meliputi copy-paste, cut, delete dan format.
  • Mencabut flashdisk tanpa melakukan safely remove atau eject.
  • Tegangan listrik yang tidak stabil.
  • Terbentur atau terkena air.

Lihat juga cara membagi partisi di Windows 10 buat anda yang hanya memiliki 1 partisi di Windows.

Nah itulah 2 cara yang paling ampuh untuk memperbaiki flashdisk minta format beserta penyebabnya. Jika masih mengalami kendala atau memiliki cara lain yang lebih mantap silahkan komentar. Semoga bermanfaat.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar