HP Samsung Galaxy A12: Harga, Spek Lengkap dan Review

Di akhir tahun kemarin Samsung sengaja mengenalkan hp kelas entry level mereka yang diberi nama Samsung A12. Dipatok dengan harga sekitar 2 jutaan hp ini memiliki dua varian, yakni RAM 4 GB dan 6 GB ditambah memori internalnya sebesar 128 GB.

Kesan pertama ketika kita melihat tampilan Samsung A12 sedikit mengesankan karena body belakang samsung a12 memiliki tekstur garis-garis di ¾ body-nya. Bentuk kameranya mengusung format quadruple camera yang artinya keempat lensa kamera belakang yang disusun berbentuk kotak 2×2.

Harga HP Samsung Galaxy A12

  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 2.500.000
  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.700.000

Spesifikasi Lengkap HP Samsung A12

  • CPU : Helio P35
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 48 MP Wide, 5 MP Ultrawide, 2 MP macro, 2 MP depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 15 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6, 5”
  • Dimensi : 164 mm x 75,8 mm x 8,9 mm
  • Berat : 205 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Ada dua tekstur di bagian belakang Samsung A12 di mana ¾ bodynya bertekstur garis-garis tipis, dan sisanya bertekstur polos dengan tulisan samsung di bagian bawahnya. Ukuran hp ini panjangnya 164 mm, dengan lebar sekitar 75,8 mm dan tebal hp 8,9 mm. Lumayan panjang karena mungkin menyesuaikan sama ukuran layarnya yang lebar.

Bahan Samsung A12 terbuat dari polycarbonate dengan berat hp mencapai 205 gram. Mungkin bagi sebagaian orang menganggap bahwa hp ini agak berat.

Penempatan fingerprint di Samsung A12 terletak di sisi samping body yang menyatu dengan tombol power. Akses buka tutup fingerprint-nya terlogong cepat dan akurat. Varian warnanya sendiri hp ini terdiri dari 4 warna yang bisa kita pilih diantaranya ada Black, White, Blue, dan Red.

Baca juga: HP Samsung Terbaru.

Kamera

Pada bagian kamera belakangnya berformat quad camera atau ada 4 buah lensa kamera yang disusun secara persegi atau kotak 2×2. Konfigurasi kamera belakangnya adalah lensa utama sebesar 48 MP, lensa ultrawide 5 MP, lensa macro 2 MP, dan sensor depth 2 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi sebesar 8 MP.

Tampilan belakang hp samsung a12

Berdasarkan hasil gambarnya cukup bagus bila digunakan di kondisi cahaya yang terang. Untuk detail pada gambarnya memang masih belum bisa maksimal. Untuk kualitas videonya baik kamera depan maupun belakang hanya mendukung resolusi 1080 piksel dengan kecepatan 30FPS.

Layar

Pindah di bagian layarnya Samsung A12 punya kualitas layar standar dengan warna yang tidak begitu tajam karena masih menggunakan panel IPS. Namun jika digunakan untuk menonton video atau bermain game layarnya masih bisa diandalkan karena punya ukuran yang luas yaitu 6,5 inchi.

Bezel pada layarnya pun masih terlihat tebal, garis-garis framenya pun masih kelihatan mencolok apalagi garis dagu di bagian bawah hp yang memang lebih tebal.

Simak juga: Harga HP Samsung Galaxy A22.

Chipset CPU

Sementara itu dari sisi performanya Samsung A12 menggunakan chipset Helio P35, yang lebih cocok dibuat aktivitas dasar seperti chatting atau main medsos. Tapi jika kita ingin bermain game chipset ini masih punya kemampuan tergantung game dan settingan yang kita gunakan.

Contoh jika digunakan bermain Mobile Legends kita bisa dapat settingan maksimalnya atau di High Frame Rate. Berbeda halnya ketika dipakai bermain PUBG yang settingannya hanya bisa dapat di Smooth Medium. Pada saat bermain pun masih oke tidak drop meski settingan frame ratenya tengah-tengah.

Performa chipset tersebut bisa dilihat saat kita uji dengan aplikasi antutu di mana skor yang didapatkan hp ini berada di kisaran 107 ribuan.

Lihat juga: Harga Samsung Galaxy A52.

Baterai

Dalam satu kali charge untuk penggunaan dasar yang ringan-ringan baterai Samsung A12 mampu bertahan selama dua hari. Itu semua berkat kapasitas baterai yang ditanamkan di hp ini sebesar 5000 mAh ditambah fitur fast charging 15 W membuat waktu pengecasannya lebih singkat.

Waktu pengecasan baterainya dari nol menuju ke 100 persen dibutuhkan waktu selama 2 jam lebih sedikit. Port charging di hp ini sudah menggunakan port USB Type C. Lain halnya dengan seri bawahannya seperti A012 yang masih menggunakan port Micro USB.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy A32.

Penutup

Dengan harga 2 jutaan kita bisa dapat hp samsung dengan desain unik, performa oke, baterai berkapasitas besar, dan memori internal yang lega. Bagi kita yang lebih mementingkan tampilan layarnya hp ini patut kita pertimbangkan lagi karena panel dan bezel layarnya memang sedikit kurang memuaskan.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar