Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome

Indihome merupakan layanan internet dari telkom yang memiliki jaringan paling luas di Indonesia. Bahkan saat ini jaringan IndiHome sudah meng-cover daerah-daerah pedesaan. Meskipun demikian, terkadang jaringan IndiHome belum tersedia pada area kita. Sehingga kita tidak bisa memasang internet IndiHome pada daerah tersebut.

Jika kita ingin memasang internet IndiHome maka kita dapat mengecek terlebih dahulu ketersediaan jaringan pada daerah tersebut. Ada 4 cara yang dapat dilakukan untuk cek ketersediaan jaringan indihome pada daerah kita. Pertama, melalui website resmi telkom di fibermap.indihome.co.id. Kedua, bertanya pada sosial media resmi Indihome. Ketiga, menghubungi call center 147. Dan keempat, dengan mengecek ODP IndiHome pada daerah kita.

Bagaimana caranya? Mari kita bahas keempat cara di atas mulai dari yang pertama.

Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome melalui Website Fibermap

Telkom telah menyediakan website untuk mengecek jaringan IndiHome atau coverage area pada semua lokasi di Indonesia. Website tersebut bernama Fibermap. Pada website fibermap kita dapat memasukkan alamat lokasi yang ingin dicek mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan. Lalu sistem akan menampilkan apakah di lokasi tersebut sudah tercover atau belum. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Berikut ini adalah cara cek ketersediaan jaringan IndiHome dengan menggunakan website Fibermap.

  1. Buka web browser seperti Google Chrome atau Firefox pada laptop, PC atau HP.
  2. Buka website https://fibermap.indihome.co.id/ pada web browser tersebut. Maka akan tampil map dan ada tombol Cek Fiber di Lokasi Anda pada bagian kanan layar.
  3. Klik tombol Cek Fiber di Lokasi Anda. Maka akan muncul tampilan berupa form isian.
  4. Isi detail lokasi yang ingin dicek mulai dari provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, kodepos. Lalu pilih apakah lokasi tersebut adalah perumahan atau bukan perumahan. Kemudian lengkapi detailnya. Setelah itu klik Submit.
  5. Setelah itu lihat apakah jaringan IndiHome tersedia atau tidak.
Tampilan website fibermap indihome

Jika jaringan tersedia maka akan tampil lokasi dengan keterangan “Jaringan Internet Fiber (IndiHome Fiber) tersedia di lokasi Anda.“. Nah, selanjutnya anda bisa memasang internet di area tersebut. Namun jika tidak tersedia maka akan tampil keterangan “Maaf, jaringan IndiHome Fiber belum tersedia di lokasi Anda.” pada map.

Meskipun website tersebut sangat lengkap namun terkadang data area belum diupdate. Jika hasilnya menyatakan jaringan belum tersedia maka sebaiknya coba tanyakan ke customer service Telkom melalui sosial media resmi mereka, call center 147 atau datang ke plasa telkom. Simak juga cara mengecek pengguna wifi indihome bagi yang sudah memakai IndiHome.

Cek Jaringan IndiHome melalui Sosial Media

IndiHome memiliki akun sosial media resmi di Twitter dan Facebook yang bisa kita tanya seputar masalah ketersediaan jaringan di area kita. Di Twitter kita hanya perlu melakukan mention akun resmi mereka di @IndiHome. Sedangkan pada Facebook kita dapat menghubungi halaman Facebook mereka di @IndiHome melalui messenger.

Biasanya butuh beberapa menit pesan kita akan dibalas oleh admin. Nah, jika ingin lebih cepat maka bisa menghubungi call center Telkom 147.

Cek Jaringan Fiber Optik IndiHome dengan Call Center 147

Untuk menghubungi call center Telkom 147 melalui HP kita harus menambahkan kode area. Misalnya lokasi kita saat ini berada di Surabaya maka tambahkan kode wilayah surabaya 031 lalu diikuti 147. Sehingga nomor yang harus kita telepon adalah 031147. Jika kita berada di Jakarta maka kita harus telp 021147.

Secara otomatis mesin penjawab akan mengarahkan kita. Ikuti arahan tersebut hingga kita dapat berbicara dengan customer service. Lalu tanyakan seputar ketersediaan jaringan pada lokasi alamat anda. Cara ini adalah yang paling akurat dibandingkan lainnya. Karena customer service akan membantu kita langsung melalui sistem mereka. Lihat juga Cara Cek FUP IndiHome terbaru.

Cek Lokasi IndiHome dengan Melihat ODP di Sekitar Area

Tanda jika suatu lokasi sudah terdapat jaringan IndiHome adalah adanya box ODP IndiHome pada tiang-tiang di sekitar area. ODP merupakan singkatan dari Optical Distribution Point yaitu perangkat yang berfungsi untuk mendistribusikan fiber optic ke client.

Box ODP Telkom IndiHome biasanya berwarna putih dengan tulisan ODP. Coba berkeliling di lokasi anda lalu cek ODP IndiHome Telkom pada tiang di sekitar. Untuk lebih jelasnya, box ODP bentuknya seperti gambar di bawah ini.

ODP telkom di tiang

Lalu bagaimana cara pasang indihome yang belum ada jaringan?

Jika memang belum ada jaringan IndiHome di area tersebut kita dapat mengajukan pemasangan jaringan melalui plasa telkom. Namun biasanya dibutuhkan pelanggan dalam jumlah tertentu agar dapat menghadirkan jaringan di lokasi tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan bertanya pada plasa telkom terdekat.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar