Harga HP Samsung A72 Terbaru, Spesifikasi Lengkap & Review

Samsung Galaxy A72 sering disebut-sebut sebagai hp yang mirip dengan seri Galaxy A52 yang juga dikeluarkan oleh Samsung. Perbedaan antar keduanya hanya terletak di 3 bagian saja, pertama pada layarnya, kedua kapasitas baterainya, dan terakhir kameranya.

Hp tersebut masuk ke dalam kategori hp samsung kelas mid-range yang paling greget saat ini karena menawarkan banyak sekali fitur yang menarik. Harganya juga selisih sedikit tergantung dari besarnya memori internal yang kita ambil. Rilis bersamaan dengan spek yang tidak jauh beda, apakah hp ini lebih worth it?

Harga HP Samsung A72

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 5.900.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 6.300.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A72

  • CPU : Snapdragon 720G
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan : 32 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 48 MP Wide, 5 MP Ultrawide, 2 MP macro, 2 MP depth
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6, 7”
  • Dimensi : 165 mm x 77,4 mm x 8,4 mm
  • Berat : 203 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Tampilan belakang samsung a72

Urusan desain hp ini bagi sebagaian orang bagus tapi tidak bagus-bagus amat. Yang bagus adalah finishing matte-nya sehingga terlihat elegan seperti desain Galaxy S21 Ultra. Yang mungkin dirasa kurang bagi beberapa orang adalah materialnya yang masih menggunakan bahan plastik. Tapi untuk Build qualitnya tergolong oke dan cukup solid.

Salah satu fitur yang bisa jadi pembeda hp ini dengan hp lainnya adalah adanya sertifikasi IP67 alias tahan air dan debu. Ukuran hp ini sedikit lebih lebar dan lebih panjang dari A52 yang mana panjangnya sekitar 165 mm, lebar 77,4 mm, untuk tebal masih tetap di angka 8,4 mm.

Begitu juga dengan berat hp ini yang sekitar 203 gram. Berat yang masih wajar untuk hp di kelas mid-range. Pilihan warna yang ditawarkan sejatinya sama dengan galaxy A52 yaitu terdiri dari warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Simak juga: HP Samsung Terbaru.

Kamera

Dari segi kameranya bisa dibilang hp ini punya kamera yang lebih lengkap dibandingkan seri A lainnya, termasuk Galaxy A52. Ada 4 lensa di kamera belakangnya yang dikemas ke dalam modul berbentuk kotak diantaranya 64 MP kamera wide, 8 MP lensa telephoto, 12 MP lensa ultrawide, dan 5 MP lensa macro.

Sedangkan untuk kamera depannya resolusi lensanya sebesar 32 MP. Cukup oke jika digunakan untuk sekedar berfoto selfie atau groufie.

Secara umum hasil fotonya oke dan memuaskan di sebagian besar penggunaanya. Ada kalanya kelihatan noise yang cukup mengganggu terutama pada lensa ultrawide-nya. Terkait kualitas videonya baik kamera belakang maupun kamera depan hp ini mendukung perekaman video hingga 4K 30FPS.

Lihat juga: HP Samsung Galaxy A22.

Layar

Di sisi layarnya ukuran hp Samsung A72 ini mengalami peningkatan sehingga ukuran layarnya menjadi 6,7 inchi. Panel Super AMOLED dengan resolusi FULL HD+ 1080 x 2400 pixels itu jaiminan mutu untuk kualitas multimedia yang ditawarkan hp ini.

Kecepatan refresh rate layarnya juga mencapai 90 Hz membuat kita nyaman kalau dipakai menonton video atau browsing-browsing. Kaca yang dipakai juga disokong dengan Corning Gorilla Glass 3 biar lebih tahan gores daripada kaca biasa.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy A52.

Chipset CPU

Kombinasi dari Chipset Snapdragon 720G dengan RAM sebesar 8GB membuat hp ini lancar untuk melibas hampir semua tugas yang dibebankan terutama untuk urusan multitasking. Buat dipakai game seperti Mobile Legends, ataupun PUBG juga tidak ada masalah lancar pas mainnya. Tapi tentu tidak bisa disamakan dengan sensasi bermain game di hp-hp flagship pada umumnya.

Beda cerita jika hp ini digunakan untuk bermain game seperti Genshin Impact hasilnya masih sulit untuk mendapatkan FPS yang stabil meski settingan-nya berada di Low.

Skor yang didaptkan ketika dites menggunakan aplikasi Antutu versi 8 hp Samsung A72 mampu mencatatkan angka di kisaran 279 ribuan.

Simak juga: Harga Samsung Galaxy A32.

Baterai

Sementara untuk urusan efisiensi baterai hp ini tidak perlu diragukan lagi. Awet dan bisa tahan seharian bahkan bisa dipakai hingga 2 hari selama penggunaanya di taraf yang wajar. Pegecasannya pun juga cepat karena baterainya sudah mendukung fast charging 25 Watt. Berbeda dengan charger bawaan galaxy A52 yang hanya mendukung fast charging 15 W.

Masalah konsumsi dayanya jika digunakan bermain PUBG Mobile selama 30 menit hanya menghabiskan baterai sekitar 7 persen. Contoh lain ketika dipakai main game Mobile Legends selama 25 menit juga mengonsumsi daya di kisaran 7 persen.

Lalu untuk penggunaan casual seperti sosmed selama 60 menit konsumsi baterainya berada di angka 10-12 persen saja.

Lihat juga: Harga HP Samsung Galaxy A12.

Penutup

Jika kita ingin spesifikasi hp yang lebih bagus daripada hp Samsung A52 seperti layar lebih lebar, kapasitas baterai yang lebih besar dan kamera lebih oke, maka kita bisa pilih Samsung A72. Sebaliknya jika menurut kita Samsung A72 ini punya spek yang berlebihan dan tidak terlalu kita butuhkan, maka kita bisa pilih Samsung A52 saja.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar