10 HTML Editor Gratis Terbaik di Tahun 2020

HTML editor adalah software yang digunakan untuk membuat dan mengedit file HTML. Software ini mempermudah programmer dalam proses pembuatan ataupun pengeditan HTML dengan fitur-fitur yang dimiliki, diantaranya adalah autocomplete dan highlight syntax.

Sebenarnya, kita bisa membuat HTML hanya dengan menggunakan Notepad bawaan Windows, TextEdit pada Mac atau Gedit pada Linux. Tapi faktanya Notepad, TextEdit dan Gedit tersebut memiliki fitur yang minim dalam mendukung pembuatan HTML. Oleh karena itu, kita perlu menginstall editor lain untuk mempermudah kita saat membuat HTML. Saat ini terdapat banyak software HTML editor yang beredar untuk Windows, Linux, Mac dan Android. Software tersebut dapat digolongkan menjadi 2 tipe yaitu html text editor dan WYSIWYG Editor.

HTML text editor adalah software yang berbasis teks. Editor inilah yang akan kita gunakan karena kita bisa lebih bebas dan memiliki kontrol penuh dalam membuat HTML. Editor jenis inilah yang digunakan oleh programmer. Lalu apa bedanya dengan WYSIWYG?

WYSIWYG HTML Editor adalah singkatan dari What You See Is What You Get, yaitu editor yang berbasis visual. Apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapatkan. Biasanya HTML editor ini digunakan secara online untuk mengedit tampilan artikel. Kita tidak perlu memahami coding untuk menggunakan editor ini. Editor jenis ini sangat jarang digunakan oleh programmer. Editor ini biasa digunakan oleh para blogger.

10 HTML Teks Editor Terbaik

Saat ini terdapat banyak HTML editor yang beredar di internet. Tentu sebagai pemula, hal tersebut akan membuat kita bingung dalam memilih editor yang tepat. Untuk mempermudah anda dalam memilih, inilah daftar 10 HTML teks editor terbaik dengan keunggulan masing-masing.

1. Atom

Atom sebagai HTML editor terbaik

Atom adalah salah satu HTML teks editor gratis terbaik yang dikembangkan oleh GitHub dengan lebih dari 8500 paket plugin yang memungkinkan pengguna memperoleh bermacam-macam fitur.

Software ini adalah editor utama yang saya gunakan saat ini. Mengapa? Alasan utama saya adalah karena Atom itu gratis, open source dan ringan. Untuk itu saya akan menggunakan Atom dalam membuat tutorial belajar HTML. Atom tersedia untuk OS Windows, Mac dan juga Linux. Jadi, untuk anda yang menggunakan Mac atau Linux tidak perlu khawatir karena software ini juga bisa diinstall di OS yang anda gunakan.

Karena saya menyarankan untuk menginstall software ini maka saya akan berikan tutorial cara menginstall Atom pada OS yang anda gunakan.

Cara install Atom di Windows:

  • Download Atom di https://atom.io/
  • Selanjutnya anda bisa menginstallnya seperti menginstall software lain.

Cara install Atom di Mac:

  • Download Atom dari Mac anda di https://atom.io/
  • Anda akan mendapatkan file .zip
  • Klik file .zip tersebut untuk mengekstrak aplikasi, lalu drag aplikasi Atom tersebut ke folder “Applications” anda.

Cara menginstall Atom di Linux Debian, Ubuntu, Mint:

$wget -qO - https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/gpgkey | sudo apt-key add -
$sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64] https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/any/ any main" > /etc/apt/sources.list.d/atom.list'
$sudo apt-get update
$sudo apt-get install atom

Cara menginstall Atom di Linux Red Hat dan CentOS (YUM):

$sudo rpm --import https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/gpgkey
$sudo sh -c 'echo -e "[Atom]\nname=Atom Editor\nbaseurl=https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/el/7/$basearch\nenabled=1\ngpgcheck=0\nrepo_gpgcheck=1\ngpgkey=https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/gpgkey" > /etc/yum.repos.d/atom.repo'
$sudo yum install -y atom.x86_64.rpm

2. Sublime Text

Tampilan Sublime text

Sublime Text juga termasuk salah satu text editor favorit programmer saat ini. Namun software ini tidak saya gunakan sebagai editor utama karena berlisensi free trial. Artinya, sublime text gratis hanya untuk testing. Jika kita ingin terus menggunakannya maka kita harus membayar $80 atau sekitar Rp 1150000.

3. Notepad++

Menu plugin pada Notepad++

Salah satu editor teks yang ringan dan sangat popular di kalangan programmer adalah Notepad++. Software ini hanya berjalan di Windows. Jika Atom dan Sublime Text menggunakan background gelap secara default. Maka notepad++ sebaliknya. Software ini mirip Notepad namun dengan fitur yang jauh lebih banyak. Software ini adalah open source dan gratis.

Keunggulan dari sublime text adalah software ini sangat ringan dengan fitur yang canggih. Sama seperti Atom, Sublime Text memiliki paket plugin yang sangat banyak namun lebih ringan dibandingkan Atom. Software ini tersedia untuk Windows, Linux dan Mac.

Simak juga: apa itu html jika anda belum memahaminya.

4. Brackets

Jika anda ingin membuat HTML dan melihatnya secara langsung secara realtime maka Brackets adalah pilihan anda. Editor teks ini juga merupakan software open source dan gratis. Software ini dikembangkan oleh Adobe sehingga kita bisa mengintegrasikannya dengan beberapa produk Adobe. Software ini juga tersedia untuk Windows, Linux dan Mac.

5. Coffeecup HTML Editor

Sama seperti Sublime Text, Coffeecup adalah software berlisensi free trial yang artinya gratis hanya untuk testing. Jika kita ingin menggunakan selamanya maka perlu membayar sebesar $29 atau sekitar Rp 400000. Coffeecup ini juga memiliki tema HTML yang dapat anda gunakan. Editor ini juga memiliki fitur visual sehingga anda dapat melihat secara live preview halaman yang anda buat secara langsung. Sayangnya Coffeecup hanya tersedia untuk Windows.

6. Komodo Edit

Komodo Edit adalah salah satu editor HTML yang ringan dan gratis. Dilengkapi dengan fitur preview seperti Coffeecup akan memudahkan kita dalam melihat hasil coding yang sudah kita lakukan. Text editor ini tersedia untuk Windows, Mac dan Linux.

7. Bluefish

Software ini tergolong jarang digunakan oleh programmer dibandingkan software yang telah saya sebutkan sebelumnya. Namun, Bluefish juga bisa anda coba karena tergolong ringan dan tentunya gratis. Selain itu, editor ini juga dapat tersedia untuk Windows, Linux dan Mac.

8. NetBeans

Netbeans adalah IDE yaitu aplikasi yang memiliki beberapa fitur untuk membuat software yang meliputi editor kode, debugger dan compiler. Software ini juga bisa kita gunakan untuk membuat HTML namun lebih berat dan membutuhkan resource CPU dan RAM yang lebih banyak. Jika anda sudah terbiasa menggunakan netbeans, anda bisa menggunakannya untuk membuat HTML. Software ini gratis dan tersedia untuk Windows, Mac dan juga Linux.

9. Aptana Studio 3

Software ini juga merupakan jenis IDE sama seperti NetBeans. Jika anda suka menggunakan Eclipse maka Aptana Studio adalah pilihan tepat karena bisa anda integrasikan dengan Eclipse. Software ini juga tersedia gratis dan dapat anda install di Windows, Linux dan Mac.

10. AWD

AWD adalah singkatan dari Android Web Developer yaitu software IDE untuk membuat web yang berjalan di Android. Software ini dapat digunakan untuk membuat atau mengedit HTML dari Android smartphone atau tablet anda. Meskipun hanya berjalan di Android, AWD memiliki fitur yang cukup lengkap diantaranya adalah code highlighting, code completion dan preview. Selain itu, AWD dapat anda install secara gratis di tablet atau smartphone anda.

Dari 10 software yang saya sebutkan diatas tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Anda dapat memilih editor sesuai selera dan kebutuhan anda. Nah, setelah kita memilih dan menginstall HTML editor yang sesuai, tutorial selanjutnya adalah tentang mempelajari struktur dasar html. Jika ada pertanyaan mengenai HTML editor, silahkan mengirimkannya melalui kolom komentar.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar