Kartu Informasi Akun Sscn 2021 Tidak Ada Fotonya, Benarkah?

Ketika kita hendak mendaftar CPNS melalui website resmi sscn, kita diharuskan terlebih dahulu untuk mendaftar dan memiliki kartu informasi akun SSCN 2021. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi beberapa data yang diperlukan baik mengisi identitas diri, pendidikan, dan juga mengupload beberapa berkas dalam bentuk foto maupun scan dokumen.

Apabila pengisian data sudah diselesaikan maka kita bisa mengunduh serta mencetak kartu informasi akun sscn 2021 untuk dijadikan sebagai bukti pendaftaran akun. Bagi yang pernah mendaftar CPNS di tahun-tahun sebelumnya mungkin agak kaget ketika mencetak kartu tersebut dan mendapati bahwa tidak ada foto diri kita di dalam kartu informasi akun SSCN 2021 tersebut.

Mengapa Tidak Ada Foto Pada Kartu Informasi Akun SSCN 2021?

Kartu informasi akun SSCN 2021 tidak ada fotonya karena memang format kartu terbaru tidak menggunakan foto. Semua peserta CPNS 2021 akan memperoleh kartu tanpa foto. Setiap tahun pemerintah melalui BKN membuka pendaftaran PNS dengan kebijakan atau persyaratan administrasi untuk mendaftar tentu tidaklah sama, pasti ada bagian atau persyaratan yang berbeda.

Tampilan kartu informasi akun sscn 2021

Contoh salah satunya adalah foto pada kartu ini di mana tahun ini foto pada kartu tersebut memang sengaja tidak ditampilkan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang menampilkan foto pendaftar pada kartu tersebut. Sebenarnya tidak diketahui secara pasti kenapa foto pendaftar tidak ditampilkan di kartu tersebut tahun ini oleh panitia, apakah terkait privasi pendaftar ataukah hal yang lainnya.

Yang jelas kita tinggal menyesesuaikan dengan melihat contoh tampilan kartu tersebut yang ada di buku petunjuk pendafatan SSCN tahun 2021. Disitu foto pendaftar tidak ditampilkan, hanya ada keterangan identitas seperti nomor KTP pendaftar, nama akun, jenis kelamin, tanggal atau jam pendaftaran, dan seterusnya.

Apakah Menyebabkan Tidak Lolos Jika Kartu Informasi Tidak Ada Fotonya?

Jawabannya adalah tidak. Jangan khawatir tidak lolos jika kartu informasi kita tidak ada fotonya karena ketentuan yang terbaru memang seperti itu. Sistem dari website sscn tahun ini memang tidak menampilkan foto pada kartu informasi akun kita.

Namun kita harus memastikan bahwa kita telah berhasil mengupload/mengunggah foto kita baik itu foto ktp maupun swafoto kita saat melakukan proses pendaftaran. Sesuikan ketentuan yang ada agar bisa mengupload foto ktp dan swafoto seperti batasan ukuran file yang hendak kita upload, atau ekstensi filenya karena inilah yang mempengaruhi proses pendaftaran.

Lihat juga: cara mengisi tanggal lahir di sscn 2021.

Jika tidak sesuai ketentuan maka hal tersebut yang mungkin bisa menyebabkan proses pendaftaran akun kita gagal. Bukan karena ada atau tidaknya foto yang ditampilkan pada kartu informasi kita. Lalu apa sih sebenarnya fungsi kartu tersebut?

Fungsi Kartu Informasi Akun SSCN 2021

Kartu informasi akun ssc 2021 mempunyai fungsi sebagai tanda bukti bahwa kita telah berhasil melakukan registrasi tahap awal pada portal SSCN tahun 2021. Sehingga kita bisa mengunduh dan mencetak kartu tersebut untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu Login Pendaftaran SSCASN menggunakan NIK dan Password yang telah kita daftarkan sebelumnya.

Pada intinya kartu informasi akun sscn 2021 memang dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar CPNS 2021. Mengenai tidak ada foto pada kartu tersebut adalah suatu hal yang lumrah karena sistem yang terbaru sengaja dibuat seperti itu. Jadi tidak kita tidak perlu khawatir asalkan kita telah mengikuti segala instruksi yang diberikan dan memenuhi persyaratan-persyaratan untuk mendaftar sebagai CPNS tahun ini.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar