Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector PC & Laptop

Bad Sector merupakan salah satu masalah yang sering terjadi dan paling dihindari pada hardisk. Dalam sebuah hardisk terdapat jutaan sektor. Bad sector terjadi saat ada sektor yang tidak dapat diakses baik itu dibaca atau ditulis sehingga mengakibatkan kinerja komputer atau laptop lambat bahkan hang. Oleh karena itu agar komputer kembali normal kita harus memperbaiki hardisk bad sector tersebut. Namun sebelumnya kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Apa sih penyebab dari bad sector itu?

Bad sector pada hardisk bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya yang paling populer adalah guncangan dan listrik padam. Hardisk didalamnya terdapat platters atau piringan tempat menyimpan data yang berputar saat komputer dinyalakan. Jika terdapat guncangan dapat merusak komponen tersebut karena goresan dari komponen lain seperti head atau slider.

Hal di atas sama ketika listrik tiba-tiba padam. Bagian head atau slider dapat menggores platters karena mekanisme shutdown komputer yang tidak normal. Beberapa penyebab lain adalah usia hardisk yang sudah tua dan mematikan komputer tanpa proses shutdown.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Untuk mengatasi hardisk bad sector bisa menggunakan software HDD Regenerator yang mampu melakukan scanning secara menyeluruh dan repair sektor yang bermasalah pada hardisk. Sebenarnya terdapat banyak pilihan aplikasi untuk memperbaiki bad sector seperti hdd sentinel. Namun yang paling direkomendasikan dan sering digunakan adalah HDD Regenerator.

Cara memperbaiki hardisk bad sector pada komputer, laptop atau PC.

  1. Unduh HDD Regenerator lalu install pada PC atau laptop anda.
  2. Buka HDD Regenerator.
  3. Klik pada Click here to repair physical bad sectors on damaged drive surface directly under Windows. Opsi ini digunakan untuk melakukan repair hardisk langsung dari Windows.
    Pilihan pada hdd regenerator
  4. Pilih hardisk yang akan diperbaiki pada bagian Choose Drive to Process. Kemudian klik Start Process. Maka akan tampil layar berbasis teks (layar hitam putih).
  5. Ketik 2 untuk memilih Normal Scan kemudian tekan Enter.
  6. Ketik 1 untuk memilih Scan and Repair. Lalu tekan Enter. Opsi ini digunakan untuk melakukan scan dan memperbaiki bad sector.
  7. Ketik 1 untuk memilih Start Sector 0 yang artinya akan memulai dari sektor paling awal. Tekan Enter.
  8. Tunggu hingga proses hingga selesai. Proses ini akan berjalan dalam waktu yang cukup lama sesuai dengan kapasitas hardisk Anda.
Proses scan dan repair hardisk di hdd regenerator

Cara di atas sangat mudah dilakukan namun sayangnya tidak dapat mengatasi bad sector pada sektor yang benar-benar rusak secara fisik atau hardware. Sektor yang rusak secara fisik tersebut memang tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan tidak menggunakan sektor tersebut. Artinya kita harus membuang sektor tersebut dari partisi Windows atau OS kita.

Nah, jika Anda masih mengalami masalah pada hardisk setelah melakukan 8 langkah di atas maka Anda perlu membuang sektor dari partisi aktif sehingga tidak digunakan lagi oleh Windows. Cara ini cukup rumit dimana kita harus menganalisa sektor yang masih bisa digunakan kemudian melakukan relokasi partisi ke sektor yang aman tersebut. Kita akan update tutorial ini secara mendalam lagi pada kesempatan selanjutnya. Secara singkat urutan langkahnya adalah:

  1. Boot melalui USB yang berisi HDD Regenerator.
  2. Setelah itu scan dengan opsi scan but not repair lalu catat sektor yang bad.
  3. Setelah mendapatkan sektor mana saja yang bermasalah selanjutnya gunakan software partisi seperti Easeus, MiniTool atau AOMEI Partition untuk memindahkan partisi dari sektor yang rusak. Di proses ini kita bisa memanfaatkan resize partisi, move partisi dan fitur lainnya.
  4. Jadikan sektor yang bad menjadi unallocated sehingga tidak digunakan lagi.

Simak juga masalah hardisk lainnya diantaranya adalah The disk is write protected dan SD card tidak bisa diformat.

Setelah mengetahui cara memperbaikinya kita juga perlu tahu bagaimana cara menghindari HDD bad sector agar masalah ini tidak terulang lagi.

Beberapa tips untuk menghindari bad sector pada hardisk:

  • Hindari guncangan misalnya membawa laptop tidak hati-hati.
  • Matikan komputer atau laptop dengan cara shutdown.
  • Hindari lampu padam atau arus listrik tidak stabil.

Sebagian besar yang mengalami bad sector adalah hardisk biasa yang masih menggunakan platters sebagai penyimpan datanya. SSD lebih aman dibandingkan hardisk oleh karena itu sangat direkomendasikan menggunakan SSD pada era sekarang ini. Selain lebih aman, kecepatan SSD juga jauh lebih tinggi dibandingkan hardisk biasa.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar