5 Software Driver Updater Terbaik Windows Online & Offline

Driver adalah software yang bertugas untuk menjembatani antara hardware dengan sistem operasi yang digunakan seperti windows 10, windows 7 ataupun windows 8. Tanpa driver, sistem operasi tidak akan bisa berkomunikasi dengan hardware sehingga tidak dapat menggunakan hardware tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing. Contoh yang sering dialami adalah setelah install windows pada laptop biasanya ikon WiFi tidak muncul sehingga kita tidak bisa menggunakan WiFi tersebut. Hal ini disebabkan oleh driver WiFi yang belum terinstall pada laptop tersebut.

Namun terkadang ada laptop atau PC yang sudah bisa menjalankan semua hardwarenya dan berfungsi dengan normal tanpa menginstall driver apapun setelah install windows. Silahkan simak juga cara install windows 10. Hal tersebut bukan berarti laptop atau PC itu tidak menggunakan driver melainkan drivernya sudah tersedia pada versi windows tersebut.

Perlu diketahui bahwa Windows juga membawa dan menginstall driver yang popular saat proses instalasi windows. Semakin baru versi Windows yang digunakan maka semakin banyak driver yang disediakan Windows. Jika kita bandingkan antara Windows XP dengan Windows 10 maka saat dulu kita menginstall Windows XP kita masih harus menginstall banyak driver. Namun pada era Windows 10, kita hanya perlu menginstall sedikit driver bahkan tanpa perlu install driver laptop atau PC bisa berfungsi dengan normal.

Untuk menginstall driver yang sesuai kita harus mencari driver yang sesuai dengan hardware dan versi OS yang digunakan. Sebenarnya kita bisa mendapatkan informasi tersebut pada device manager. Namun di era perkembangan software yang sangat pesat ini sudah tersedia lebih dari 10 software yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita dalam mencari dan update driver. Nah, pada artikel ini saya telah mencoba banyak software update driver dan memilih 5 yang terbaik.

Berikut adalah software driver updater terbaik untuk Windows 10, 8, 7 dan XP.

1. DriverPack Solution

Software driver updater driverpack solution

DriverPack Solution sangat cocok untuk teknisi komputer yang sering memperbaiki laptop atau komputer yang berbeda-beda karena memiliki fitur driver offline full sehingga teknisi tak perlu repot menyambungkan komputer ke internet. Saat ini DriverPack merupakan driver update terbaik yang bisa kita gunakan secara gratis.

DriverPack terkenal dengan databasenya yang sangat lengkap dan kita dapat menggunakannya secara gratis. Hampir semua device dapat dikenali oleh aplikasi ini. Namun ukuran file DriverPack sangat besar jika kita menggunakan driver pack offline full yaitu 22GB.

Namun jika kita memiliki koneksi internet pada komputer atau laptop maka kita tidak perlu menggunakan fitur offline tersebut. DriverPack menyediakan DriverPack online yang hanya berukuran 6MB. Saat menggunakannya, kita hanya akan mengunduh driver yang dibutuhkan saja sesuai dengan sistem yang kita gunakan.

Support: Windows 10, 8, Windows 7 dan XP.

Kelebihan:

  • Bisa digunakan offline dan online.
  • Database sangat lengkap.
  • Gratis.

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur pencari/unduh driver untuk komputer yang lain.
  • Tidak tersedia fitur penjadwalan scan.

2. Driver Easy

Pilihan pencarian driver offline driver easy

Aplikasi Driver Easy juga sangat cocok untuk komputer yang tidak memiliki koneksi internet baik itu WiFi ataupun kabel. Dengan fitur offline scan kita bisa melakukan scan pada komputer tanpa internet yang kemudian menghasilkan profil lengkap driver yang dibutuhkan dalam sebuah file deos. Nah, file tersebut dapat kita gunakan untuk mengunduh semua driver untuk komputer tersebut dari komputer lain yang memiliki internet.

Tidak hanya itu, Driver Easy juga memiliki fitur lengkap lainnya seperti scan driver, driver update online, backup driver dan restore driver. Dengan demikian kita dapat menggunakannya secara online maupun offline. Lihat juga: install Windows 7.

Mendukung: XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 64 bit dan 32 bit.

Kelebihan:

  • Mengenali driver komputer tanpa koneksi internet.
  • Scan online dan offline.
  • Mendukung penjadwalan scan untuk update driver.

Kekurangan:

  • Kecepatan pengunduhan kurang cepat.

3. Snappy Driver Installer

Tampilan snappy driver installer

Software Snappy Driver mirip dengan DriverPack yang memiliki fitur driver offline full namun lebih ringan. Dengan Snappy Driver memungkinkan kita untuk mengunduh semua driver yang tersedia. Tentunya ini sangat cocok untuk teknisi seperti pada DriverPack. Kita tidak perlu menginstall Snappy Driver karena software ini adalah software portable sehingga sangat ringan.

Support: Microsoft Windows XP, Vista, 7, 8 dan 10.

Kelebihan:

  • Ringan.
  • Portable, tidak perlu install ke komputer.
  • Mendukung offline.
  • Open source.

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur scan terjadwal.

Baca juga: cara mematikan update windows 10 dengan mudah.

4. Driver Talent

Pencarian driver komputer lain di driver talent

Software ini cocok untuk komputer yang tidak memiliki koneksi internet sama sekali karena memiliki fitur Pre-download driver untuk komputer lain. Dengan fitur tersebut kita bisa scan pada komputer yang ingin dicari drivernya lalu menyimpan hasil scan tersebut menjadi file. Lalu pada komputer lain kita bisa mengunduh semua driver tersebut dengan mudah.

Selain fitur di atas, Driver Talent juga memiliki fitur dasar lain seperti driver scan dan install.

Support: XP, Windows 7, 8 dan Windows 10.

Kelebihan:

  • Fitur cari/unduh driver untuk komputer lain.
  • Driver dibackup sebelum instalasi.
  • UI mudah digunakan.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur pengunduhan masal pada driver.

5. Driver Booster

Tampilan driver booster

Driver Booster sangat cocok untuk anda yang menginginkan selalu menggunakan driver yang terbaru dan memiliki koneksi internet pada komputer. Driver Booster memiliki fitur cek otomatis pada setiap driver sehingga kita bisa mengetahui jika ada update terbaru pada driver tersebut.

Mendukung: Windows XP, 7, 8 dan 10.

Kelebihan:

  • Pengecekan otomatis untuk update driver.
  • Proses update dapat berjalan di background.

Kekurangan:

  • Hanya untuk komputer dengan koneksi internet.

Dari 5 software di atas, manakah yang sesuai dengan kebutuhan anda? Aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bagi teknisi yang butuh kumpulan driver bisa menggunakan DriverPack Solution dan Snappy Driver Installer. Lihat juga: membuat bootable flashdisk untuk semua OS Windows.

Bagi pengguna yang tidak memiliki internet pada komputer maka Driver Talent dan Driver Easy bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun bagi pengguna yang ingin selalu menggunakan driver terupdate dengan koneksi internet tanpa kendala maka Driver Booster bisa jadi pilihan.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar