Cara Menghapus Kontak Telegram

Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, meskipun kita sudah menghapus kontak di HP, tapi pada aplikasi telegram kontak tersebut akan tetap ada. Apalagi pada menu kontak di Telegram tidak ada tombol khusus untuk menghapus kontak yang mudah diakses. Menu hapus hanya ada pada saat kita membuka profil dari akun tersebut satu-persatu.

Sebenarnya sistem kontak pada Telegram sama dengan aplikasi chatting pada umumnya. Telegram akan menggunakan daftar kontak yang ada di HP lalu akan menampilkan nomor yang terdaftar di Telegram. Harusnya jika kita menghapus nomor di kontak HP maka otomatis di Telegram akan terhapus. Namun sayangnya hal tersebut tidak berlaku di aplikasi Telegram. Kita harus menghapus manual kontak tersebut pada aplikasi.

Ada 2 cara menghapus kontak telegram yang bisa dilakukan. Pertama, menghapus satu-persatu melalui aplikasi HP Android atau iPhone. Kedua, menghapus langsung beberapa kontak melalui telegram web.

Menghapus Kontak Telegram dari HP

Menu hapus kontak memang tidak ada pada tampilan kontak Telegram. Namun pada profil akun terdapat pilihan untuk menghapus kontak. Tentunya kita tidak bisa hapus beberapa kontak sekaligus melainkan satu-persatu dan harus membuka profil dari akun yang ingin dihapus terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara menghapus kontak di telegram melalui aplikasi Android dan iPhone.

  1. Tap tombol Menu di pojok kiri atas yang dilambangkan dengan icon 3 garis.
  2. Pilih menu Kontak.
  3. Cari nama yang ingin di hapus.
  4. Tap pada nama kontak tersebut. Maka tampilan halaman chatting akan muncul.
    Menu kontak pada aplikasi telegram
  5. Tap foto dari akun tersebut. Maka halaman profil akan tampil.
  6. Tap tombol titik tiga di kanan atas.
  7. Pilih Hapus Kontak. Maka akan tampil pertanyaan konfirmasi.
  8. Tap Hapus. Maka kontak sudah terhapus. Kita dapat menutup halaman tersebut.
Opsi hapus kontak pada profil telegram

Jika ingin menghapus banyak kontak sekaligus maka kita dapat menggunakan Telegram web. Lihat juga bagaimana cara delete akun telegram jika sudah tidak ingin menggunakan telegram lagi.

Hapus Kontak di Telegram dari Web

Di Telegram web terdapat fitur yang lebih lengkap untuk melakukan hapus kontak. Kita hanya perlu login melalui web browser dari HP atau laptop. Kemudian mengakses menu Contacts.

Berikut adalah cara hapus kontak Telegram melalui Telegram web.

  1. Buka web browser dari HP atau laptop.
  2. Buka halaman Telegram web pada link ini. Maka kita akan diarahkan ke halaman login.
  3. Pilih negara Indonesia pada Country. Lalu masukkan nomor HP yang kita gunakan dalam Telegram. Lalu klik Next. Klik OK untuk konfirmasi. Maka secara otomatis kode konfirmasi akan di kirim ke aplikasi chatting Telegram kita.
  4. Buka aplikasi Telegram lalu lihat pesan dari Telegram. Di sana ada kode konfirmasi berupa 5 angka. Salin 5 angka tersebut.
  5. Buka kembali halaman Telegram web yang kita buka dari web browser tadi. Lalu paste atau masukkan 5 angka tadi ke halaman website tersebut. Maka otomatis kita bisa login ke Telegram web.
  6. Klik tombol 3 garis yang ada di kanan atas.
  7. Klik Contacts. Maka akan muncul kontak yang telah kita simpan.
  8. Klik tombol 3 titik di kanan atas. Lalu pilih Edit.
  9. Pilih kontak yang ingin di hapus. Lalu klik Delete yang berada di kanan atas. Maka semua kontak yang dipilih akan dihapus langsung.

Simak juga tulisan tentang bot nulis telegram untuk merubah teks ke tampilan tulisan di buku.

Bagaimana, mudah bukan? Cara pertama sangat cocok jika kita hanya menghapus kontak Telegram 1 atau 2 orang saja. Ini akan lebih cepat tanpa harus login ke Telegram web. Namun jika ingin menghapus banyak kontak sangat disarankan untuk menggunakan web karena di sana kita dapat langsung menghapus banyak kontak.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar