Tutorial Belajar Microsoft Excel Lengkap

Tutorial belajar microsoft excel

Belajar Microsoft Excel saat ini dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan koneksi internet. Ada banyak tutorial yang tersedia mulai dari tingkat pemula hingga advance atau mahir yang dapat diakses secara gratis. Namun umumnya tutorial tersebut kurang terstruktur sehingga menyulitkan pemula untuk menentukan alur belajar Excel mulai dari nol.

Berangkat dari permasalahan tersebut, ITKoding membuat tutorial belajar MS Excel tentunya dengan materi yang tersusun mulai dari tingkat pemula. Materi kami kelompokkan berdasarkan kategori mulai dari pembelajaran dasar-dasar MS Excel, fungsi dan rumus Excel serta materi tentang Macro VBA Excel.

Tutorial Microsoft Excel akan selalu diperbarui berdasarkan versi MS Excel terbaru. Meskipun menggunakan versi terbaru, kami juga akan menambahkan langkah-langkah untuk versi sebelumnya jika diperlukan. Dengan demikian materi akan dapat digunakan pada berbagai versi MS Excel.

Untuk mempelajari MS Excel kita harus sudah memahami dasar-dasar penggunaan komputer. Mulai dari membuka dan menutup aplikasi dan lainnya. Kami juga merekomendasikan untuk belajar Microsoft Word terlebih dahulu jika belum bisa menggunakan MS Word. Hal ini dikarenakan ada dasar-dasar pengoperasian Microsoft Office yang telah kami share pada materi MS Word.

Pada tutorial ini kami menggunakan Microsoft Excel 2019. Namun materi juga dapat digunakan pada versi-versi sebelumnya mulai dari Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Dasar-dasar Microsoft Excel

Materi awal yang perlu dipelajari membahas tentang pengenalan aplikasi Excel mulai dari worksheet dan workbook. Lalu tentang tampilan beserta fungsi-fungsinya dan juga dasar-dasar dalam menggunakan rumus atau fungsi.

  1. Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Versi Microsoft Excel
  2. Pengenalan Worksheet dan Workbook di MS Excel
  3. Tampilan dan Bagian Microsoft Excel
  4. Row, Column, Cell dan Range di MS Excel
  5. Tipe Data Pada Microsoft Excel
  6. Pengenalan Rumus dan Fungsi di MS Excel
  7. Macam-Macam Operator Pada MS Excel
  8. Referensi Relatif dan Absolut di MS Excel
  9. Memilih dan Membuat Range di MS Excel
  10. Cara Copy Rumus Excel

Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel

Materi ini menjelaskan tentang rumus dan fungsi-fungsi yang ada di Excel. Di masing-masing tutorial akan dijelaskan cara menggunakan rumus/fungsi hingga contohnya.

  1. Rumus IF Excel
  2. Rumus SUM Excel
  3. Rumus VLOOKUP Excel
  4. Rumus HLOOKUP
  5. Fungsi AVERAGE di Excel
  6. Rumus Standar Deviasi di Excel
  7. Rumus Rank
  8. Rumus Akar Kuadrat di Excel
  9. Rumus COUNTIF
  10. Rumus MAX & MIN
  11. Rumus Count
  12. Rumus SUMIF
  13. Rumus RAND
  14. Rumus DATEDIF
  15. Fungsi TEXT pada Excel
  16. Fungsi CONCATENATE pada Excel
  17. Rumus FIND & SEARCH
  18. Fungsi TRIM pada Excel
  19. Fungsi AND pada Excel
  20. Fungsi OR pada Excel
  21. Fungsi NOT pada Excel
  22. Fungsi CHOOSE
  23. Fungsi LEFT & RIGHT
  24. Fungsi MID
  25. Fungsi UPPER & LOWER
  26. Fungsi PROPER
  27. Fungsi NOW
  28. Fungsi TODAY

Penutup

Microsoft Excel merupakan software yang sangat penting untuk dipelajari setelah MS Word karena sering digunakan diberbagai keperluan. Mulai dari sekolah, kuliah, organisasi, pekerjaan kantor dan lainnya. Untuk mempelajari Excel sebenarnya cukup mudah. Jika sudah menguasai Word maka kita hanya perlu fokus belajar pada tabel, grafik, fungsi, rumus dan VBA.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar